Available on bookstore

Available on bookstore

30 September 2008

Cara-cara Penulisan, cara-cara menulis.

Dalam menulis lo bingung? Lo harus liat sistematikanya di bawah menu ini. Lo bisa langsung dapet hasilnya. Lebih kurang bisa ngebantu lo ketika menulis.

Sistematika penulisan

  1. Menentukan tema atau topik.

  2. Melakukan penelitian mengenai topik, berupa riset lewat buku, riset lapangan atau browsing internet.

  3. Membuat kerangka [dikenal dengan: outline karangan] dengan memilih topik atau ide utama sebagai pilar tubuh uraian ide penjelas.

  4. Menjelaskan ide kerangka karangan berupa paragraf, cerita, lebih dikenal dengan proses inti, yaitu menulis.

  5. Mereview kembali tulisan.

Jika lo kesulitan juga, teruslah belajar menulis, atau gue saranin lo gabung dengan Sekolah Menulis Online, gabung bersama Jonru dan kawan-kawan. Oks banget tuh! Atau jika lo udah bikin cerita lo bandingin deh dengan punya gue. Pasti lo lebih jago bahkan lebih dasyat dari punya gue, lo bisa temukan tulisan cerita gue dalam bentuk cerpen, lo lihat aja di arsip. Setiap minggu ada update-nya ko. Monggo…! jangan lupa komen-nya.

2 komentar:

info khusus... bangus banget. entar munculin tips lain dunk...!

kadang ada rasa jenuh kalo menulis... gimana caranya buat ngilangin rasa jenuh dalam menulis ? tolong jawab yaaah :)

@arif

Post a Comment

Orang Keren Pasti Komentar...