Available on bookstore

Available on bookstore

30 September 2008

Info Seputar Sinopsis

Pernah dengar sinopsis? Ya pasti dong kalo lo dekat banget dengan dunia penulisan. Sinopsis adalah salah satu tunjangan jika lo bakal ngrimin satu naskah cerita pada penerbit. Ini akan ngebantu lo buat ngasih tahu isi cerita lo secara pendek tetapi lengkap serta nggak mengurangi nilai naskah lo. Nah di bawah ini ada sekilas mengenai sinopsis novel.

Sinopsis

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.

Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya.

Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Langkah-langkah membuat sinopsis


*Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.

*Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan - gagasan yang penting.

*Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke 2. Kita bgunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkaijalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.

*Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.

*Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.


Diperoleh dari http://id.wikipedia.org/wiki/Sinopsis_novel