Available on bookstore

Available on bookstore

30 September 2008

Novel, Teenlit and The Gang

Lo pasti nggak asing ngedengerin istilah-istilah di atas. Banyak, selain itu ada lebih kurang miriplah kayak ladlit, chicklit, metropop, cerpen atau yang laennya. Gue bakal ngurai hal menarik dari semua itu. Penting juga lo mengenal karya sastra lain dari ‘djaman-doeloe’ ada di menu arsip gue. Lo buka aja di menu Sastra. Pokoknya yang ada Sastranya deh. Bakal lo nemuin di sana, bisa buat tugas sekolah, atawa lo pengen tahu tentang mengarang, karangan, puisi, prosa, puisi baru, drama dan semacamnya ada juga.

Nah balik pada topik utama, gue bakal ngulas one by one karya fiksi and the gang.

  • Novel

Novel adalah salah satu karya fiksi yang paling banyak mengatur kata dalam pembahasan baku. Disematkan juga dengan beberapa gaya bahasa dan ceritanya panjang. Nulik saja seperti karya Kang Abik atau yang lainnya. Novel sendiri sudah berkembang di Indonesia sejak dulu seperti karya Marah Rusli - Siti Nurbaya tahun 1922.

  • Cerpen

Merupakan cerita pendek. Nggak banyak mengulas tentang hal-hal sebelit novel. Cukup ulasan menarik dan perlu sebuah klimaks yang cukup bagus dari rangkaian cerita. Penulisan cerpen sendiri menjadi salah satu alternatif untuk menulis. Lagi! Alur cerita dan karakter sangat penting, mengingat cerpen begitu pendek. Cerpen memiliki jumlah kata berkisar 2.000-20.000 kata. Cukup habis dibaca dengan sekali duduk saja.

  • Cerber

Cerber, sejenis cerita pendek, tapi selalu mempunyai cerita berikutnya dengan kata lain bersambung. Banyak majalah yang yang mengusung cerita bersambung seperti ini. Tengok saja Serial Zahara Hantu Gaul-Dyah Kalsitorini yang pernah diusung Aneka Yess, termasuk dalam jenis ini.

  • Teenlit

Teenlit adalah genre baru novel yang sedang booming saat ini. Contohnya seperti Dealova, Fairish, Me Vs High Heels, Fashionista dll yang udah mulai banyak diangkat ke layar lebar ataupun dikemas dalam versi serial TV. Banyak disukai remaja karna bahasa yang dipakai lebih ngepop, lebih gurih dari snack.

  • Ladlit

Selain chiclit dan teenlit, ada juga yang disebut ladlit. Nah, yang ini lebih banyak mengacu pada cowok. Gaya penceritaan dan sudut pandangnya pun relatif cowok banget dengan segala permasalahannya. Salah satu contohnya seperti Kambing Jantan dan Lupus-nya Hilman Hariwijaya. Sama seperti chicklit dan teenlit, ladlit juga mengangkat kehidupan keseharian dengan gaya bahasa gaul dan cerita-cerita yang ringan serta menghibur.

  • Chicklit

Chicklit atau Chick Literature sendiri adalah jenis sastra baru yang mengawali jenis genre baru yang bercerita soal perempuan dan kehidupannya. Gaya penceritaannya ringan, kontemporer, menggunakan gaya bahasa sehari-hari dan menceritakan pengalaman hidup sehari-hari dari sudut pandang seorang perempuan. Beberapa pihak meyakini bahwa chiclit awalnya lahir di Inggris dan kemudian menyebar sampai ke Amerika dan dunia. Bridget Jones Diary adalah satu chicklit yang sangat sukses di dunia dan mengawali booming chicklit di dunia. Di Indonesia, sudah banyak juga novel-novel chicklit karya anak bangsa seperti Cintapuccino yang laku keras di pasaran.

  • Metropop

Sebuah bagian jenis cerita, namun banyak yang mengungkap tentang kehidupan masyarakat metropolitan. Dengan kisaran cerita usia 23-28 tahun. Biasanya diusung dengan kategori cerita; belum menikah, bekerja, mandiri, konyol, lucu, dan metropolis atau jenis lainnya yang masih banyak lagi. Metropop lebih banyak diminati kalangan dewasa, seperti teenlit sendiri yang diakui milik remaja.

  • Flash fiction

Flash fiction sering disebut dengan nama lain "sudden fiction", "micro fiction", "postcard fiction" atau "short-short fiction". Jenis fiksi ini adalah sub-genre dari cerita pendek (cerpen). Ciri khas dari genre ini adalah jumlah kata yang lebih sedikit. Cerpen yang biasa kita kenal memiliki jumlah kata berkisar 2.000-20.000 kata. Sedangkan flash fiction memiliki jumlah kata kurang dari 2000 kata, sehingga secara umum flash fiction yang ditulis akan berkisar antara 250-1500 kata. Sebagai panduan, biasanya flash fiction dimaksudkan untuk dibaca sekejab (flash), atau sepuntungan rokok.


Cukup lengkap kan? Please buka juga info mengenai Sastra. Penting buat tahu seluk beluk mengenai asal muasal penulisan di bumi Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Orang Keren Pasti Komentar...