Available on bookstore

Available on bookstore

08 October 2008

Aliran Sastra

Cara pengungkapan pikiran dan perasaan yang mendasari pengarang dalam membuat cipta sastra berbeda-beda. Ditinjau dari sudut itu, kesusastraan dapat dibedakan pula dua paham, yaitu realisme dan ekspresionisme.

  • Realisme

Dalam paham ini, pengarang mencoba melukiskan manusia dengan peristiwa yang dipandang sebagai kenyataan menurut apa adaya, tidak menyertakan rasa simpati atau antipati dalam pelukisan karyanya. Aliran-aliran ini adalah:

  1. Impresionisme, aliran kesusastraan yang melahirkan kembali kesan yang didapatkan dari alam sekitarnya. Sikap spontanitas dan tiada pendalaman mewarnai aliran ini.

  2. Naturalisme, melukiskan keadaan yang sewajarnya, cenderung melukiskan keadaan yang buruk dari kenyataan yang sebenarnya karena ingin memberikan gambaran yang nyata tentang kebenaran.

  3. Determinisme, aliran yang melukiskan atas paksaan seperti kesengsaraan, penderitaan, dsb yang timbul oleh keadaan masyarakat sekitarnya.

  • Ekspresionisme

Aliran ini melukiskan pencurahan jiwa yang bergejolak dalam jiwa pengarang. Dalam aliran ini perasaan subyektifitas sangat menonojol daripada sifat obyektif. Aliran ini antara lain:

  1. Simbolik, suatu lukisan yang memakai lambang-lambang untuk menyamarkan maksud sebenarnya. Benda, tumbuhan, atau binatang dilambangkan sebagai manusia. Cerita-cerita berbentuk ini bermunculan pada zaman penjajahan jepang, seperti Taufan Di atas Asia.

  2. Surealisme, aliran yang memadukan antara kenyataan dan cita-cita.

  3. Idealisme, Melukiskan sesuatu berdasarkan ide atau gagasan pengarang tanpa menyertakan sifat yang nyata.

  4. Romantik, mengutamakan perasaan yang berlebih-lebihan bahkan membawa ke alam khayal.

  5. Mistitisme, aliran yang melukiskan keadaan jiwa, untuk mendekatkan diri kepada Tuhan atau alam gaib

  6. Psikologisme, aliran yang menitikberatkan penguraian jiwa pelaku-pelakunya berdasarkan ilmu jiwa yang dikehendaki pengarang.


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu! [untuk informasi yang bersifat edukatif, sengaja ditulis dengan bahasa baku]