Available on bookstore

Available on bookstore

30 September 2008

Asli Hanya Buat Lo

Asli Hanya Buat Lo

Jika lo ngaku kreatif? Asyik dan inspiratif? Perlu tongkrongin Blog ini. Apalagi lo yang ngaku maniak “story” So pasti yang berhubungan dengan cerpen, teenlit, novel chiclit, ladlit, artikel dan apa saja yang bisa ngebuat lo dekat dengan dunia penulisan. Lo nggak salah lagi. Hanya di sini tempatnya.

Alamat penerbit? Alamat Majalah? Beserta email- emailnya? Ada!

Info buku apalagi yang Bestseller? Wow Ada!

Rangkaian seputar novel, cerpen, teenlit, chiclit and genk-genknya? So pasti ada!

Info Sastra dan kawan-kawannya? Ada!

Dunia penulisan? Ada!

Dunia jurnalistik? Ada!

Apa itu sinopsis? Ada!

Cara-cara penulisan? Ada!

Sekilas tentang musik? Ada!

Info blog gratis? Ada!

Atau yang paling asyik, mau baca cerpen-cerpen keren yang Gratisan? Or Free? Wow, ada banget, hanya untuk lo. Asli buat lo deh anak nongkrong Blog ini. Pokoke edukatif. Juga ada seabrek info gaul buat lo pecinta dunia penulisan. Sangat menariiik banget!!!! Paling gress deh. Eits tunggu dulu! Ada cerpen gratis setiap minggu di Blog ini. Yang gue kasih untuk lo komentarin dan lo delik dalem-dalem. Untuk informasi yang berbau edukatif, sengaja ditulis dengan bahasa baku. ‘N the last, blog ini sengaja dibuat untuk sarana informasi buat para remaja.

Lo nggak salah milih nih Blog, buat memperbaharui informasi lo! Click di setiap list [arsip/menu] di samping. Finding your world. You’ll be exciting.

Info Penerbit & Majalah

Lo yang udah nggak sabar pengen liat daftar alamat penerbit plus majalah n media massa. Atau malah lo pengen ngirim email atau sekedar nanya ini itu? Atau malah mau kirim naskah ada tuh! Sangat ada buat lo deh.

Daftar alamat penerbit. Bahasa kerennya sih, publisher. It’s just for you.

  • Penerbit Gramedia Pustaka Utama
    Gedung Gramedia Lt. 2-3
    Jl. Palmerah Barat 33-37
    Jakarta 10270
    Or:
    PO.Box Plus 8888
    Jakarta 11088
    Phone: 021-536 77834 (hunting), 3211 3212 (redaksi fiksi), 3211 3222 (redaksi nonfiksi)
    Fax. (021) 530 0545
    e-mail: nonfiksi@gramedia.com
    fiksi@gramedia.com
    edutivity@gramedia.com
    www.gramedia.com

Tlp. 0818-890848

Email escagroup@yahoo.com

  • Penerbit Gagas Media
    Jl. H. Montong No. 57
    Ciganjur Jagakarsa
    Jakarta Selatan 12630
    Telp: 021-7888 3030 Fax: 021-727 0996
    Jakarta Post
    E-mail: sunday@jakartapost.com or redaksi@gagasmedia.net

  • Penerbit Empat Pilar Pendidikan
    Jl. Rng oad Timur No. 21B
    Wonocatur, Yogyakarta
    Phone and Fax: 0274-382737
    e-mail: empatpp@yahoo.com

  • Anugerah Abadi Publishing
    Jl. Abadi I No. 25
    KPAD Bandung 40155
    Telp: 022-2014 523
    Fax: 022- 2004 583

  • Penerbit Dian Rakyat
    Jl. Rawagelam I/4
    Kawasan Industri Pulogadung
    Jakarta 13930
    Phone: 021-460 444

  • Lingkar Pena Publishing House
    Jl. Keadilan No. 13 Blok XVII
    Depok 16418
    e-mail: lingkarpena@indo.net.id

  • Penerbit Bentang Pustaka

Jln. Pandega Padma, 19 Yogyakarta 55284

Tlp. 0274-517373 – Faks. 0274-541441

E-mail: bentangpustaka@yahoo.com

  • Penerbit Ganeca Exact
    Kompleks Satrudal
    Jl. Raya Hankam, Jatirahayu
    Pondok Gede, Bekasi 17414
    Telp. 021-84973048
    e-mail: bonaventura91@yahoo.com

  • Penerbit MIZAN

Jln. Cinambo (Cisaranten Wetan) No. 146

Ujungberung, Bandung 40294

Telp. 022-7815500 – Faks. 022-7802288

Email: mizan@bgd.centrin.net.id

  • Penerbit Cinta
    Jl. Cinambo No. 137
    Cisaranten Wetan
    Bandung 40294

  • Penerbit Cakrawala
    Kompleks Gizi No. 2
    Bumi Menteng Asri
    Bogor 16111

  • Penerbit Andi
    Jl. Beo 38-40
    Yogyakarta 55281
    Telp: (0274) 561881 Fax: (0274) 588282
    Cabang Jakarta
    Jl. Pilar Raya No. 67
    Kedoya
    Telp. 021-5802816, 70601240
    Fax. 021-5842188
    e-mail: penerbitan@andipublisher.com


Daftar alamat majalah & media massa. Just for you.

  • Majalah Aneka Yess
    Jl Salemba Tengah No 58 Jakarta Pusat 10440 atau

Email: aneka@indosat.net.id

www.anekayess-online.com

Atau cerpenkawanku@gmail.com

  • Majalah Gadis
    Redaksi Majalah Gadis: Jl HR Rasuna Said Blok B Kav 32-33 Jakarta 12910

  • Majalah Hai
    Gedung Gramedia Majalah Unit I Lt.1, Jl Panjang No 8A, Kebon Jeruk,Jakarta
    11530
    Email: hai_magazine@gramedia-majalah.com

  • Majalah Annida
    Jl Mede No 42 Utan Kayu, Jakarta Timur 13120
    Email: annida@ummigroup.co.id

  • Majalah Teen
    Jl. Prof Dr Satrio Kav. 3-4 Karet Kuningan, Jakarta 12940
    Email: tabloid.teen@gmail.com

  • Majalah Oki Nirmala dan Bobo
    Gedung Gramedia Majalah Jl Panjang No. 8A, Jakarta Barat 11530
    Email: bobonet@gramedia-majalah.com

  • Majalah Kreatif
    Gedung Gramedia Majalah Jl Panjang No. 8A, Jakarta Barat 11530
    Email: bonakreatif@gramedia-majalah.com

  • Majalah Girls
    Gedung Gramedia Majalah Unit 1 Lt.4 Jl Panjang No 8A, Kebon Jeruk Jakarta 11530
    Email:girls@gramedia-majalah.com

  • Redaksi Kompas
    Jl. Palmerah Selatan 26-28
    Jakarta 10270
    Telp: 021-530 2200
    Fax: 548 6085
    e-mail: kompas@kompas.com
    Or:
    PO.Box 4612
    Jakarta 12046

  • Majalah Femina/Gadis
    Jl. H.R. Rasuna Said Blok B Kav. 32-33
    Jakarta Selatan 12910
    e-mail: kontak@femina-online.com

  • Majalah Kartini
    Jl. Garuda No. 80A
    Jakarta Pusat
    e-mail: redaksi@kartinionline.com

  • NOVA
    Gedung Gramedia Pustaka Utama Lt.6
    Jl. Palmerah Barat 33-37
    Jakarta 10270
    e-mail: nova@gramedia-majalah.com

  • Majalah Sabili
    Jl. Cipinang Cempedak III/11A
    Polonia, Jakarta Timur 13340
    e-mail: redaksi@sabili.co.id

  • Majalah Lisa
    Jl. K.H.Wahid Hasyim No. 31B
    Menteng, Jakarta Pusat 10350
    e-mail: majalah_lisa@yahoo.com

  • Republika
    Jl. Warung Buncit Raya No. 37
    Jakarta Selatan 12510
    e-mail: redasionline@republika.co.id

  • Media Indonesia
    Kompleks Delta Kedoya
    Jl. Pilar Raya Kav. A-D Kedoya Selatan
    Kebon Jeruk, Jakarta Barat
    e-mail: tifa@mediaindonesia.com
    redmi@indo.net.id

  • Cita Cinta
    Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 32-33
    Jakarta 12910
    Fax: 021-520 9366 or 526 2131
    e-mail: citacinta@feminagroup.com
    mo kirim sketsa mode ke akses@citacinta.com


Yup, lo pada puas? Lumayan banyak kan? N gue mau lo liat daftar menu lain yang gue tawarin di samping. Apalagi cerpen gratis hanya ada di Blog ini. Kuddu tuh!

Info buku

Banyak sih buku-buku yang lagi woke banget. Bahkan terlalu oke punya. Gue bakal ngasih lo yang penting-penting aja. Bisa jadi referensi untuk lo baca, n enak sekali dicerna otak lo. Rasanya lo akan temukan makanan cemil gurih nun enak di setiap info buku ini. Lo hanya perlu update nih info setiap minggunya, bakal ada hal-hal menarik selain nih info.

Good books,

  • Mimpi Anak Jadi Naga

Terbitan Gramedia,

  • Ayat-ayat Cinta

Habirurrahman EL Shirazy (Kang Abik)

Udah difilmkan, hebat banget menjadi salah satu Film laris Indonesia. Dibintangi sejumlah pemain hebat plus satu mantan Putri Indonesia (Melanie Putria). Juga tokoh umata (Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia A. Mecca) apik memainkan peran hasil produksi MD entertainment ini. Nggak ketinggalan soundtrack-nya pun ikut booming! Buku ini menampilkan setting berkualitas. Bestseller.

  • Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2

Salah satu karya kang Abik. Akan segera difilmkan. Salah satu pihak rumah produksi sedang mengadakan pencarian lima bintang dan salah satunya, Alice Norin. Dijadwalkan semua awak film ini akan segera ke Mesir, untuk syuting dalam waktu dekat ini. Dude Harlino juga sempat menjadi salah satu duta pemain film ini. Mega-bestseller.

Sekedar info, kumpulan cerita kang Abik juga sudah dibikin SinemaTV, sejenis sinetron islami, ditayangkan salah satu TV swasta Indonesia, TransTV.

  • Laskar Pelangi

Andrea Hirata,

Terbitan PT Bentang Pustaka

Buku ini inspiratif, banyak memotivasi nurani jiwa manusia. Setting-nya luar biasa indah banget. Cerita sebelas anak Melayu Belitong. Anda bisa tertawa, berpikir dan bahkan menangis. Novelnya juga bakal difilmkan, berlokasi yang sama di Belitong. Menampilkan pemain berkelas film Indonesia yang sudah meraih beberapa penghargaan, Tora Sudiro dan Cut Mini. Lagi dibintangi sepuluh anak Belitong asli. Soundtrack-nya dinyanyikan Garasi - Nidji. Bahkan Laskar Pelangi-Nidji lagi wara-wiri di chard TV dan Radio tanah air. Bestseller.

  • Sang Pemimpi

Andrea Hirata

Lanjutan tetralogi Laskar Pelangi yang kedua ini, (lainnya: Edensor, Maryamah Karpov) mengulas dua mimpi anak Melayu Kampung: Ikal dan Arai. Terbukti buku ini cetak ulang dalam waktu sepuluh hari. Perlu juga dua buku lainnya, bila ingin mengulas hal lain dari Andrea Hirata. Bestseller.

  • Jomblo

Aditya Mulya

Teenlit yang sudah dijadiin film ini, terjual lebih dari tiga puluh ribu kopi dan sudah masuk cetakan kelima. Jomblo (bisa juga dikategorikan sebagai ladlit) mencapai angka penjualan lebih dari 75.000 kopi. Inilah buku khusus buat cowok, enak dan renyah.

  • New Age

Andryan Suhardi

Terbitan Gramedia

Banyak teenlit wara-wiri dengan kehebatan cinta, persahabatan dan so on nikmatnya remaja. Teenlit ini keren dan beda banget. Andryan mengambil sisi cinta lewat tanah air. Ceritanya unik, tentang dua pemain bulu tangkis muda, Joselyn & Carolyn bersikeras mengalahkan dua pemain hebat peringkat dunia dari Cina dan Korea. Buku ini rasanya akan memotivasi dunia remaja akan pentingnya olahraga, cinta dan bangsa ini.

  • Dealova

Dyan Nuranindya

Teenlit ini menilisik sisi cewek dalam menanggapi cinta. Filmnya lagi termasuk sukses walau nggak sehebat soundtrack-nya dari Once ‘Dewa. Sekaligus membawa Once meraih penghargaan di AMI Award, mengalahkan kandidat besar seperti Glen Fredly. Dyan menulis buku ini sejak kelas II SMP.

  • Me Vs High Heels

Mira Ardelia

Terbitan Gramedia

Sudah difilmkan. Dibintangi pemain remaja Indonesia, Ayushita, Dwi Andika. Soundtrack-nya by Dygta dan Ten2five. Sama seperti Dyan, Mira menulisnya ketika masih remaja, berumur 16 tahun.

  • Cintapuccino

Icha Rahmanti

Terbitan Gagas Media

Beberapa bulan lalu sudah dijadikan film walau nggak selaku keras bukunya. Soundtrack-nya pun nggak terlalu booming walau sering masuk card musik Indonesia. Icha juga telah mengeluarkan buku Beauty Case [chick-lit]. Dengan gaya bertutur ringan, Icha mampu berbicara tentang kecantikan secara lugas. Ceritanya mengenai Nadja cewek 26thn plus smart harus bersaing dengan seorang model cantik untuk ngedapatin hati pengusaha sekaligus politikus muda, Budiaryah Nasution. Agak ganggu coz’ penulis selalu hadir di tengah tulisannya.

  • Chocoluv

Terbitan Gagas Media

Banyak komentar asyik mengenai satu karya fiksi ini, salah satunya dari pihak Femina. Banyak direkomendasikan menjadi bacaan ringan remaja, khusus remaja!

  • D’angel

Luna Torashyngu

Terbitan Gramedia

Bingung nyari teenlit yang berisi petualangan? Jangan khawatir buku ini bakal ngasih kamu lebih. Petualangan yang ditawarkan hebat banget. Nggak secetek petualangan sinetron-sinetron Indonesia. Buku ini, bagian pertama trilogi D’angel (Lainnya: Rose, Princess). Teenlit yang pernah diterbitkan penerbit Cinta ini (Sweet Angel # 1: The Pigeon) berkisah mengenai kehidupan genoid, hasil rekayasa genetik manusia. Buku lain dari Luna, Love Detektif, Angel’s Heart.

  • Lukisan kematian Padova

Kathryn Reiss

Terbitan Kaifa, Bandung

Berupa cerita misteri [time travel mystery]. Ceritanya mengenai perubahan drastis ibu Connor, lalu sebuah sketsa membawanya ke tahun 1926, kediaman seorang pelukis nyentrik yang sangat memuja ibunya. Banyak ketegangan yang nggak ketebak di setiap lembaran Reiss ini. Kamu yang suka banget baca buku misteri, mesti baca buku ini.

  • Gipsi Laut

Rahmat Ali

Terbitan Kolibri, Jakarta

Karya Rahmat Ali mengambil setting Kepulauan Riau- suku terasing yang disebut Gipsi Laut.

  • Deception Point

Don Brown

Banyak menceritakan tentang para ilmuan dan politikus.

  • Hot chocolate love

Anisa ‘Win’ Salsabila

Terbitan Puspa Swara

Buku bernafaskan islam. Berkisah, Dee yang terus diingatkan oleh adiknya memakai jilbab berubah sejak Rani meminta dicoblangin dengan Fandy, playboy sekolah. Dee mulai menyelidiki namun penyamarannya terbongkar, malah Fandy balik nembak Dee. Lucunya lagi, Fandy plaboy suka nasyid. Asli patut dibaca untuk remaja islam, nambah ilmu.

  • Alice Sang Pemberani - Alice the Brave

Phyllis Reynolds Naylor

Terbitan Gramedia

Teenlit ini ada lanjutannya.

  • Harry Potter

J. K Rowling

Buku ini termasuk bestseller dunia. Bahkan membuat J K Rowling menjadi kaya melebihi kekayaan Ratu Inggris, Elizabeth II. Rowling telah menjual bukunya sebanyak 250 juta eksemplar, terbit di 20 negara dan diterjemahkan dalam 61 bahasa. Wow! Hebat! Bestseller.


Keren banget nggak sih. Buat lo yang pengen tahu lagi tentang cara-cara penulisan. Ada dalam menu di samping, plus sedikit ulasan dunia jurnalistik. Juga tentunya about cerpen, novel, teenlit and so on. Baca juga cerpen gratisnya, popoke remaja banget.

Info This Week!

  • Buat lo yang lagi suka baca buku, cerpen ‘n sepupu-sepupuannya yang berbau remaja, atawa lo pada sering dengar ‘n malah tau tentang Donatus A. Nugroho, silahkan cari bukunya di Penerbit Cinta. Ada beberapa buku yang udah dikeluarin. Banyak cerpennya yang sering kali ditampilin di majalah ternama seperti Aneka Yess.

  • Mau ngasah kemampuan menulis lo. Gue saranin lo gabung dengan Sekolah Menulis Online, di www.belajarmenulis.com atau www.smo.belajarmenulis.com banyak ilmu yang lo dapetin di sini.

  • Penasaran dengan film Laskar Pelangi? Segera akan tayang di bioskop. Tungguin aja.

  • Warning: buat lo, waspadai produk makanan yang mengandung Melamin. Silahkan ngecek ke badan POM sekitar lo.

  • Top Update Next Week:

    • Jurnalistik: Pembahasan Feature

    • Info Sastra: Aliran Sastra

    • Ketrampilan Berbahasa: Mendengarkan dan Membaca

    • Cerpen Next

    • Novel, Teenlit and The Gang: Ulasan Mengenai Teenlit

    • Istilah


Silahkan kunjungi blog ini lagi, sangat Edukatif. Finding your world. You’ll be exciting.

Tokoh-tokoh Sastrawan dan Karyanya, Angkatan 45

Tokoh-tokoh Sastrawan dan Karyanya, Angkatan 45

Tokohnya: Khairil Anwar [Deru Campur Debu, Kerikil Tajam yang Terampas dan yang Putus, Tiga menguak Takdir, Sani dan Rivai Avin], Idrus [Dari Ave Maria ke jalan Lain ke Roma, Keluarga Surono, Dokter Bisma], Achdiat Kartamiharja [Atheis, Keretakan dan Ketegangan, Bentrokan dalam Asmara], Aoh Kartahadimaja [Zahra, Pecahan Ratna, Poligami, Manusia dan Tanahnya], Rustandi Kartakusumah [Prabu dan Putri, Heddi dan Tuti, Rekaman Tujuh Daerah, Lagu Kian Menjauh]


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Sejarah Sastra

Sejarah sastra membicarakan pertumbuhan dan perkembangan sastra, hasil karya sastra serta corak-coraknya. Hal ini sangat penting untuk menentukan dasar-dasar penggolongan karya sastra dan penciptanya, baik menurut bentuk mapun jamannya.

Sejarah sastra Indonesia dimulai sejak pada abad ke-20 yang diwakili karya pengarang-pengarang Balai Pustaka. Dengan demikian, karya sastra yang dihasilkan sebelum abad 20 digolongkan ke dalam sastra Melayu. Dapat dikatakan antara kesusastraan Indonesia dengan Melayu ialah karya pengarang Abdullah bin Abdulkadir pada abad 19.

Kita ketahui bahwa tahun 1908 berdiri Taman Bacaan Rakyat. Sembilan tahun berikutnya [1917] nama itu diganti menjadi Balai Pustaka. Berdirinya badan penerbit ini mendorong dan memberi kesempatan kepada orang Indonesia untuk berkarya. Maka bermuculan nama-nama pengarang seperti Marah Rusli, Merari Siregar, dsb. Pada umumnya pengarang itu berasal dari Minangkabau. Tema ceritanya kebanyakan berkisar pada persoalan adat di masyarakat Minang, serta karangannya bercorak roman yang memperlihatkan unsur gaya Melayu Lama. [untuk melihat hasil karya-karya penulis di jaman ini, silahkan buka arsip lain di Tokoh Sastrawan Angkatan Balai Pustaka]

Pujangga baru merupakan nama majalah yang terbit tahun 1933 yang dipelopori oleh Sutan takdir Alisyabana, Arijn Pane, Amir Hamzah. Nama majalah itu popular menjadi nama golongan sastrawan pada masa itu. Di sini muncul nama-nama seperti J.E. Tatengkeng, M.R Doyah, Aoh K. Hadimadja, dsb. Pujangga baru banyak dipengaruhi oleh pujangga Belanda angkatan ’80 (1880) yang jelas terlihat seperti pemakaian bentuk Soneta. Soneta, berasal dari Italia yang diserap oleh sastra Belanda. Buku-buku yang terbit pada masa ini antara lain, Rindu Dendam, Jiwa Berjiwa, Layar terkembang, ini di sebut juga dengan karya romantis idealisme. [untuk melihat hasil karya-karya penulis di jaman ini, silahkan buka arsip lain di blog ini]

Angkatan ’45 lahir saat pergolakan perjuangan kemerdekaan. Pada saat ini perkembangan bahasa dan sastra Indonesia cukup maju karena pemerintahan Jepang melarang pemakaian bahasa Belanda dan mengharuskan pemakaian Bahasa Indonesia. Pada waktu itu para seniman dikumpulkan dalam Keimin Bunka Shidosha (Pusat Kebudayaan). Kebebasan mencipta dikurangi, tetapi selalu diarahkan memihak dan mengagung-agungkan Jepang. Oleh karena itu, pengarang yang sadar terhadap kecintaan tanah airnya, berusaha membuat karya sastra untuk menghancurkan kekuatan Jepang dengan mempergunakan bentuk simbolik (yakni suatu lukisan yang mempergunakan lambang-lambang untuk menyamarkan maksud dan tujuan) sehingga lulus sensor. Pengarang yang terkenal pada waktu itu adalah Usman Ismail, Rosihan Anwar, Amal Hamzah, dll. Juga lahir penyair muda Chairil Anwar yang sekarang melegenda. Chairil membawa nafas baru dalam sastra Indonesia, dalam segi bentuk atau isi. Sedangkan pengarang prosa pada zaman ini yang terkenal adalah Idrus. [untuk melihat hasil karya-karya penulis di jaman ini, silahkan buka arsip lain di blog ini]

Angkatan ’66 mula-mula diberikan oleh H.B Jassin dalam bukunya yang berjudul Angaktan 66 yang mendasarkan pada sifat politik yang mempengaruhi karya-karya sastra pada masa itu. Kita ketahui kemunculan angkatan ini bermula dari peristiwa pemborontakan. Pada waktu itu mahasiswa, pemuda dan pelajar melakukan demonstrasi atas ketidakpuasan kinerja pemerintah. Dengan memakai nama samaran Nur Fadjar, Taufik Ismail menulis kumpulan puisi Benteng dan Tirani yang bernada protes. Demikian pula Mansur Samin menulis Perlawanan. Bur Rasuanto menulis Mereka Telah Bangkit. Semua itu bernada protes keras terhadap pemerintah. Dasar ini dijadikan pegangan oleh H.B Jassin menggolongkannya dalam angkatan baru, yaitu angkatan ’66. [untuk melihat hasil karya-karya penulis di jaman ini, silahkan buka arsip lain di blog ini]


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Karya Sastra, Puisi

Puisi

Ialah hasil cipta manusia yang terdiri atas satu atau beberapa larik (baris) yang memperlihatkan pertalian makna dan membentuk bait. Keindahan puisi terletak pada persamaan bunyi (rima, sajak) dan iramanya yang indah. Penggolangannya terbagi atas dua bagian, antara lain:

Puisi Lama

Puisi lama terdiri dari Pantun [merupakan puisi lama yang berupa puisi asli yang bentuknya terdiri atas empat baris dalam setiap bait, dengan rumus sajak akhir a-b-a-b. Setiap baris biasanya terdiri atas 8 -12 suku kata. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran dan baris ketiga keempat berupa isi/pantun], Gurindam [merupakan puisi lama terdiri atas dua baris dalam setiap bait. Keempat baris itu semuanya berupa isi. Rima akhir berumus a-a dan seluruhnya berupa isi yang merupakan nasehat atau sindiran], Syair [bentuk yang terdiri dari empat baris dalam setiap bait. Keempat baris tersebut berupa isi. Rima akhir berumus a-a-a-a], Bidal atau Pribahasa [ialah kata-kata yang merupakan kalimat lengkap dan berisi serta pernyataan suatu keadaan, jenisnya: Pepatah, Ungkapan, Perumpamaan, Pameo, Ibarat atau Tamsil.

Puisi Baru

Yang membedakan puisi lama dengan puisi baru ialah dalam puisi lama sangat terikat oleh bentuk, dan harus sesuai degan pola yang sudah umum. Hal ini menyebabkan perkembangannya sangat lambat. Kata-kata yang dipakai sering klise. Dalam puisi baru hal-hal tersebut sudah mulai ditinggalkan. Pengarang berubah mencari warna baru baik dari segi isi, bentuk, rima, maupun iramanya. Akibat kontak budaya kita dengan Barat, maka terjadilah perubahan perpuisian Indonesia yang dipelopori oleh Mochammad Yamin dan Rustam Effendi pada tahun dua puluhan. Puisi-puisi baru tersebut berupa:

  • Disticon [sajak dua seuntai]

  • Terzina [sajak tiga seuntai]

  • Quantrain [sajak empat seuntai]

  • Quint [sajak lima seuntai]

  • Sextet [sajak enam seuntai]

  • Septima [sajak tujuh seuntai]

  • Stanza atau Oktaf [sajak delapan seuntai]

  • Soneta

  • Sajak Bebas



Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Tokoh-tokoh Sastrawan dan Karyanya, Pujangga Peralihan

Abdullah bin Abdulkadir Munsyi [Hikayat Abdullah-outobiorafi, Kisah Pelayaran Abdullah dari Singapura ke Kelantan, Syair Perihal Singapura Dimakan Api, Kisah Pelayaran Abdullah Ke Negeri Jeddah]


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!


Sastra

Kita sebagai pecinta tulisan perlu nyimak yang namanya sastra, dan gue juga bakal ngasih lo arsip mengenai sejarah sastra Indonesia. Tenang saja emua-muanya ada di menu arsip gue. Tinggal lo click.

Pengertian sastra

Sastra atau kesusastraan ialah hasil karya manusia yang mempergunakan bahasa sebagai alat pencurahannya, baik lisan maupun tulisan, yang dapat menimbulkan rasa indah (estetis) serta dapat menggetarkan tali jiwa pembaca atau pendengarnya.

Secara etimologis, kata sastra berasal dari kata castra [bahasa Sansekerta] yang berarti huruf. Dalam kamus kata sastra berarti:

  1. bahasa [kata-kata, gaya bahasa] yang dipakai dalam kitab-kitab [bukan bahasa sehari-hari]

  2. [sastra=kesusastraan] karya seni yang diwujudkan dengan bahasa, seperti gubahan-gubahan prosa dan puisi yang indah-indah

  3. kitab suci [hindu]; kitab ilmu pengetahuan.

  4. pustaka; kitab primbon yang berisi ramalan, perhitungan.

  5. tulisan, huruf

Dalam buku pelajaran, istilah sastra atau kesusastraan yang dipergunakan adalah pengertian pada butir dua di atas, sedang yang lainnya tidak dikatakan sebagai sastra. Sumber karya sastra adalah kenyataan yang hidup di dalam alam dan masyarakat. Tengok saja, peristiwa-peristiwa yang diangkat dan diungkapkan melalui daya imajinatif berupa penafsiran, sehingga menjadikannya sebagai nilai yang tinggi dan agung.

Pada umumnya sifat sastra banyak dipengaruhi oleh sifat masyarakat pada jamanya. Sifat masyarakat itu membagi sastra menjadi dua bagian, antara lain:

  1. Sifat kesusastraan lama;

    • istanasentris [cerita mengenai keluarga kerajaan]

    • statis [perubahannya sangat lambat]

    • bentuk karangan pada bentuk yang sudah ada seperti pantun dan syair

    • anomin [nama pengarang tidak disebutkan]

    • ciptaanya bersifat menghibur dan mendidik

  2. Sifat kesusastraan baru;

    • masyarakatsentris

    • dinamis [berubah sesuai perkembangan jaman]

    • terlepas dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang lain dan memperlihatkan kepribadian pengarang

    • setiap karangan dijelaskan nama pengarang


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Karya Sastra, Drama

Drama

Yang dimaksud dengan drama atau sandiwara ialah karya sastra yang ditulis dalam bentuk cakapan (dialog) yang dipertujukan oleh tokoh-tokoh di atas pentas di hadapan para penonton. Suatu drama dapat digolongkan ke dalam karya sastra apabila memiliki naskah dalam bentuk tertulis.

Perhatikan contoh naskah drama dibawah ini, kutipan dari “Soudagar Venezia” karya William Shakespare!


Babak keempat

Adegan I


Di Venezia. Sebuah balaiurung di gedung pengadilan.

Masuk Hertog, Para senator, Antonio, Bassanio, Gratiano,

Salirino, Salanio, dan lain-liainnya.


Hertog

Adakah Antonio datang?


Antonio

Saya siap tuanku, yang mulya.


Hertog

Aku khawatir; kau berurusan dengan orang

yang lebih keras dari batu, manusia binatang

Yang tak ada ampunnya, tak mempan serta kosong

Dari belas kasih


Dst.

Beberapa drama ada yang didahului dengan prolog dan diakhiri dengan epilog. Jenisnya: Tragedi, Komedi, Tragedi-komedi, Pantomin, Opera, Operete.

Para penulis drama Indonesia ternama, El Hakim/Abu Hanifa [Taufan di Atas Asia, Dewi Ratih], Sanusi Pane [Manusia Baru, Sandiakalaning Majapahit, Kertajaya], Usman Ismail [ Sedih dan Gembira, Citra], Armijn Pane [Jinak-jinak Merpati], Rustandi Kartakusumah [ Merah Semua Putih Semua, Prabu dan Putri], Utuy Tatang Sontani [Awal dan Mira, Sayang ada Orang Lain, Bunga Rumah Makan], Nasjan Djamin [Titik-titik Hitam, Sekelumit Nyanyian Sunda} W.S Rendra [Bunga Semerah Darah, Bip Bop], Putu Wijaya [Aduh]


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Bentuk Karya Sastra [puisi, prosa, drama]

Menurut bentuknya karya sastra terbagi atas prosa, puisi dan drama. Dalam bab ini hanya dijelaskan mengenai prosa. Sedangkan untuk puisi dan drama, buka saja dalam arsip, karena tersemat dalam menu sendiri.

Prosa

Ialah karangan bebas yang tidak terikat pada bentuk, irama, dan rima (sajak) atau terikat dengan oleh banyaknya suku kata dan jumlah baris. Terletak pada gaya bahasa pengarang yang mencerminkan jiwanya dalam menyusun dan menyampaikan buah pikirannya.

Bila prosa itu mengadung irama puisi maka prosa itu disebut prosa berirama, atau prosa lirik. Bentuk prosa ini lahir sebenarnya sama seperti prosa biasa sebab disusun oleh tanda bait-bait, oleh karena itu pemilihan kata serta irama yang terkandung di dalamnya sangat diperhatikan. Kita dapat membedakannya. Bhagawat Gita dan Pancaran Cinta ditulis dalam bentuk prosa lirik.

Prosa fiksi dapat berupa roman, novel, cerpen.

Roman ialah prosa yang melukiskan atau menceritakan kehidupan manusia meliputi seluruh kehidupannya, baik lahir maupun batin. Roman dibedakan isinya menjadi:

  • Roman bertendes

  • Roman sosial/masyarakat

  • Roman detektif

  • Roman jiwa

Novel dalam kesusastraan Indonesia sering disamakan dengan roman, hanya bahasanya lebih pendek dari pada roman tetapi lebih panjang dari cerita pendek. Di samping itu ciri-ciri novel ialah:

  • Sifat dan perubahan para pelakunya tidak diceritakan panjang lebar seperti dalam roman

  • Kejadiannya berjalan dengan lancar sebab terpusat dalam kehidupan suatu saat

  • Hanya diceritakan sebagian dari kehidupan manusia yang dianggap penting.

Cerpen atau cerita pendek merupakan cerita yang melukiskan peristiwa pada suatu saat dan tidak perlu mengakibatkan perubahan nasib. Biasanya cerpen diangkat dari peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, bentuk cerpen sangat singkat dan dapat dibaca dalam belasan menit saja.

Dalam sastra Melayu Klasik, karya sastra yang berbentuk prosa telah dikenal pula. Termasuk prosa Melayu klasik atau Prosa lama antara lain, Hikayat, Cerita-ceita Panji, Cerita Berbingkai, Dongeng, dan Tambo.


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Tokoh- tokoh Sastrawan dan karyanya, Pujangga lama

Tun Muhammad Sri Lanang [Sejarah Melayu], Hamzah Fansuri [Syair Perahu, Syair dagang], Nuruddin Arraniri [Bustanussalatina atau Taman Raja-raja], Bukhari Al Jauhari [Tajjusalatina atau Mahkota Raja-raja], Raja Ali Haji [Gurindam XII] Siti Saleha [Syair Abdul Muluk]


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu.

Periodisasi Sastra Indonesia

Sampai sekarang pembabakan atau periodisasi sastra Indonesia belum terdapat kata sepakat. Setiap ahli mempunyai anggapan-anggapan yang berbeda sesuai dengan dasar pemikiran masing-masing. Para ahli yang membuat pembabakan itu dapat dicatat seperti,

Periodisasi Sastra Menurut Ayib Rosidi:

  1. Masa Kelahiran atau Masa Kejadian (awal abad XX-1945)

    • period awal abad XX – 1933

    • period 1933 – 1942

    • period 1942 – 1945

  2. Masa Perkembangan (sejak 1945 sampai sekarang)

    • period 1945 – 1953

    • period 1953 – 1960

    • period 1960 – sekarang

Periodisasi sastra menurut H.B Jassin:

  1. Sastra Melayu Lama

  2. Sastra Indonesia Modern

    • Angkatan 20

    • Angkatan 33 atau Pujangga Baru

    • Angkatan 45

    • Angkatan 66

Periodisasi sastra menurut J.S Badudu:

  1. Kesusastraan Lama dengan Angkatan Lama

    • Kesusastraan masa Purba

    • Kesusastraan masa Hindu-Arab

  2. Kesusastraan Peralihan dengan Angkatan Peralihan

    • Abdullah bin Abdulkadir Munsji

    • Angkatan Balai Pustaka

  3. Kesusastraan Baru dengan Angkatan Baru

    • Angkatan Pujangga Baru

    • Angkatan Modern (Angkatan 45)

    • Angkatan Muda

Periodisasi sastra menurut Nugroho Notosusanto:

  1. Sastra Melayu

  2. Sastra Indonesia Modern

    1. Masa Kebangkitan

      • Periode 20

      • Periode 33

      • Periode 42

    2. Masa Perkembangan

  • Periode 45

  • Periode 50

Periodisasi menurut Simorangkir-Simanjuntak:

  1. Kesusastraan masa Lama atau Purba

  2. Kesusastraan masa Hindu/Arab

  3. Kesusastraan masa Baru

  4. Kesusastraan masa Mutakhir

Periodisasi sastra menurut Usman Effendi

  1. Kesusastraan Lama (… - 1920)

  2. Kesusastraan Baru (1920 – 1945)

  3. Kesusastraan Modern (1945 - …)


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Tokoh-tokoh Sastrawan dan Karyanya, Angkatan Pujangga Baru

Angkatan ini disebut juga dengan angkatan tiga puluhan atau angkatan 33, antara lain: Sutan Takdir Alisjahbana [Tak Putus Dirundung Malang, Dian yang tak Kunjung Padam], Amir Hamzah [Nyanyi Sunyi, Buah Rindu, Setinggi Timur], Armijn Pane [Kisah Antara Manusia, Jinak-jinak Merpati], Sanusi Pane [Pancaran Cinta, Puspa Mega, Airlangga, Madah Kelana], Muhammad Yamin [Tanah Air, Indonesia Tumpah Darahku], J.E Tatengkeng [Rindu Dendam], Rustam Effendi [Bebasari, Percikan Perenungan], Haji Abdul Malik Karim Amrullah/Hamka [Di Bawah Lindungan Ka’bah, Merantau Ke Deli, Karena Fitnah, Tuan Direktur, Dijemput Mamaknya]


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Tokoh-tokoh Sastrawan dan Karyanya, Angkatan Balai Pustaka

Angkatan ini juga disebut angkatan dua puluh. Tokohnya antara lain: Marah Rusli [Siti Nurbaya-novel-1922, La Hami-novel-1952, Anak dan Kemanakan-novel-1956, Memang Jodoh-otobiografi, Gadis yang Malang-terjemahan-1922], Merari Siregar [Azab dan Sengsara-novel-1920, Cerita Si Jamin dan Si Johan-saduran-1918], Nur Sutan Iskandar [Apa Dayaku karena Aku Perempuan-novel-1922, Cinta yang Membawa Maut-novel-1926], Aman Datuk Madjoindo [Si Cebol Rindukan Bulan-novel-1932, Menembus Dosa-novel-1932], I Gusti Nyoman Panji Tisna [Ni Rawit Ceti Penjual Orang-novel-1935, Sukreni Gadis Bali-novel-1935], Suman Hs [Kasih tak Terelai-novel-1929, Percobaan Setia-novel-1931], Abdul Muis [Salah Asuhan-novel-1928, Pertemuan Jodoh-novel-1933], Tulis Sutan Sati [Sengsara Membawa Nikmat-novel-1928, Memutuskan Pertalian-novel-1932]


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Tokoh-tokoh Sastrawan dan Karyanya, Angkatan 66

Tokoh-tokoh Sastrawan dan Karyanya, Angkatan 66

Penamaan angkatan ini dinamakan oleh H.B Jassin diantaranya: Taufik Ismail [Tirani, Benteng, Puisi-puisi Sepi, Sajak Ladang Jagung], Bur Rasuanto [Mereka yang Berpeluh, Mereka akan Bangkit, Mereka telah Bangkit, Sang Ayah, Manusia Tanah Air, Tuyet], Mansur Samin [Perlawanan, Kebinasaan negeri Senja, Tanah Air], W.S Rendra [Balada orang-orang Tercinta, Empat Kumpulan Sajak, Ia sudah Bertualang, Blues untuk Bonnie, Sajak-sajak Sepatu Tua, Potret Pembangunan dalam puisi], Ayip Rosidi [Pesta, Tahun-tahun Kematian, Surat Cinta Enday Rasidin, Ular dan Kabut, Laut Biru Langit Biru]


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!


Info Blog Gratis

Di dunia cyber, mungkin kita mesti tahu dengan kata blog. Sekedar info, istilah itu udah lama ditemukan. Blog sering diidentikan dengan diary online. Dan ada juga blog dibilang hanya untuk orang yang suka nulis. Bukan seperti itu juga, sebenarnya. Blog bahkan mempunyai multifungsi [he he… kayak barang saja]. Bisa apa saja: seperti tukar info, pasang iklan, curhat diary, atau sekedar nyalurin ide di otak or paling keren menjaring sahabat lewat posting komentar. Ini bisa membuat kita lebih banyak menghasilkan karya dalam bentuk apapun.

Blog sebenarnya semacam web tapi bukan web, bisa dibilang sodaraan sepupu jauh dengan si web. Di dalamnya termuat pembahasan apa saja dan dipapar secara sederhana, bahkan ada yang versi lengkap. Mengenai tampilan atau bentuk halaman blog yang sering juga disebut themes, nggak usah bingung lagi, sama kok dengan halaman web tapi mungkin lebih sederhana saja. Apalagi sekarang udah ada berbagai macam layanan yang menyediakan web gratis dengan berbagai macam bentuk themes yang bisa kita download gratis pula, serru kan? Jadi nggak usah takut, tampilan themes kamu bakal oke punya.

Nah, ini beberepa situs blog yang lo bakal pilih sebagai acuan diary online lo.

www.blogsome.com

www.blogspot.com

www.wordpress.com

www.multiply.com

www.blogfam

Cukup kan?

Please, untuk cara pembuatannya cukup gampang semudah bikin email hanya perlu lo buat email dulu, baru bisa registrasi account secara gratis.


Lagi! Banyak menu yang gue kasih sekitar dunia penulisan walau sedikit tapi cukup lengkap bila lo cerna. Buka aja arsip gue.

Cara-cara Penulisan, cara-cara menulis.

Dalam menulis lo bingung? Lo harus liat sistematikanya di bawah menu ini. Lo bisa langsung dapet hasilnya. Lebih kurang bisa ngebantu lo ketika menulis.

Sistematika penulisan

  1. Menentukan tema atau topik.

  2. Melakukan penelitian mengenai topik, berupa riset lewat buku, riset lapangan atau browsing internet.

  3. Membuat kerangka [dikenal dengan: outline karangan] dengan memilih topik atau ide utama sebagai pilar tubuh uraian ide penjelas.

  4. Menjelaskan ide kerangka karangan berupa paragraf, cerita, lebih dikenal dengan proses inti, yaitu menulis.

  5. Mereview kembali tulisan.

Jika lo kesulitan juga, teruslah belajar menulis, atau gue saranin lo gabung dengan Sekolah Menulis Online, gabung bersama Jonru dan kawan-kawan. Oks banget tuh! Atau jika lo udah bikin cerita lo bandingin deh dengan punya gue. Pasti lo lebih jago bahkan lebih dasyat dari punya gue, lo bisa temukan tulisan cerita gue dalam bentuk cerpen, lo lihat aja di arsip. Setiap minggu ada update-nya ko. Monggo…! jangan lupa komen-nya.

Novel, Teenlit and The Gang

Lo pasti nggak asing ngedengerin istilah-istilah di atas. Banyak, selain itu ada lebih kurang miriplah kayak ladlit, chicklit, metropop, cerpen atau yang laennya. Gue bakal ngurai hal menarik dari semua itu. Penting juga lo mengenal karya sastra lain dari ‘djaman-doeloe’ ada di menu arsip gue. Lo buka aja di menu Sastra. Pokoknya yang ada Sastranya deh. Bakal lo nemuin di sana, bisa buat tugas sekolah, atawa lo pengen tahu tentang mengarang, karangan, puisi, prosa, puisi baru, drama dan semacamnya ada juga.

Nah balik pada topik utama, gue bakal ngulas one by one karya fiksi and the gang.

  • Novel

Novel adalah salah satu karya fiksi yang paling banyak mengatur kata dalam pembahasan baku. Disematkan juga dengan beberapa gaya bahasa dan ceritanya panjang. Nulik saja seperti karya Kang Abik atau yang lainnya. Novel sendiri sudah berkembang di Indonesia sejak dulu seperti karya Marah Rusli - Siti Nurbaya tahun 1922.

  • Cerpen

Merupakan cerita pendek. Nggak banyak mengulas tentang hal-hal sebelit novel. Cukup ulasan menarik dan perlu sebuah klimaks yang cukup bagus dari rangkaian cerita. Penulisan cerpen sendiri menjadi salah satu alternatif untuk menulis. Lagi! Alur cerita dan karakter sangat penting, mengingat cerpen begitu pendek. Cerpen memiliki jumlah kata berkisar 2.000-20.000 kata. Cukup habis dibaca dengan sekali duduk saja.

  • Cerber

Cerber, sejenis cerita pendek, tapi selalu mempunyai cerita berikutnya dengan kata lain bersambung. Banyak majalah yang yang mengusung cerita bersambung seperti ini. Tengok saja Serial Zahara Hantu Gaul-Dyah Kalsitorini yang pernah diusung Aneka Yess, termasuk dalam jenis ini.

  • Teenlit

Teenlit adalah genre baru novel yang sedang booming saat ini. Contohnya seperti Dealova, Fairish, Me Vs High Heels, Fashionista dll yang udah mulai banyak diangkat ke layar lebar ataupun dikemas dalam versi serial TV. Banyak disukai remaja karna bahasa yang dipakai lebih ngepop, lebih gurih dari snack.

  • Ladlit

Selain chiclit dan teenlit, ada juga yang disebut ladlit. Nah, yang ini lebih banyak mengacu pada cowok. Gaya penceritaan dan sudut pandangnya pun relatif cowok banget dengan segala permasalahannya. Salah satu contohnya seperti Kambing Jantan dan Lupus-nya Hilman Hariwijaya. Sama seperti chicklit dan teenlit, ladlit juga mengangkat kehidupan keseharian dengan gaya bahasa gaul dan cerita-cerita yang ringan serta menghibur.

  • Chicklit

Chicklit atau Chick Literature sendiri adalah jenis sastra baru yang mengawali jenis genre baru yang bercerita soal perempuan dan kehidupannya. Gaya penceritaannya ringan, kontemporer, menggunakan gaya bahasa sehari-hari dan menceritakan pengalaman hidup sehari-hari dari sudut pandang seorang perempuan. Beberapa pihak meyakini bahwa chiclit awalnya lahir di Inggris dan kemudian menyebar sampai ke Amerika dan dunia. Bridget Jones Diary adalah satu chicklit yang sangat sukses di dunia dan mengawali booming chicklit di dunia. Di Indonesia, sudah banyak juga novel-novel chicklit karya anak bangsa seperti Cintapuccino yang laku keras di pasaran.

  • Metropop

Sebuah bagian jenis cerita, namun banyak yang mengungkap tentang kehidupan masyarakat metropolitan. Dengan kisaran cerita usia 23-28 tahun. Biasanya diusung dengan kategori cerita; belum menikah, bekerja, mandiri, konyol, lucu, dan metropolis atau jenis lainnya yang masih banyak lagi. Metropop lebih banyak diminati kalangan dewasa, seperti teenlit sendiri yang diakui milik remaja.

  • Flash fiction

Flash fiction sering disebut dengan nama lain "sudden fiction", "micro fiction", "postcard fiction" atau "short-short fiction". Jenis fiksi ini adalah sub-genre dari cerita pendek (cerpen). Ciri khas dari genre ini adalah jumlah kata yang lebih sedikit. Cerpen yang biasa kita kenal memiliki jumlah kata berkisar 2.000-20.000 kata. Sedangkan flash fiction memiliki jumlah kata kurang dari 2000 kata, sehingga secara umum flash fiction yang ditulis akan berkisar antara 250-1500 kata. Sebagai panduan, biasanya flash fiction dimaksudkan untuk dibaca sekejab (flash), atau sepuntungan rokok.


Cukup lengkap kan? Please buka juga info mengenai Sastra. Penting buat tahu seluk beluk mengenai asal muasal penulisan di bumi Indonesia.

Info Seputar Sinopsis

Pernah dengar sinopsis? Ya pasti dong kalo lo dekat banget dengan dunia penulisan. Sinopsis adalah salah satu tunjangan jika lo bakal ngrimin satu naskah cerita pada penerbit. Ini akan ngebantu lo buat ngasih tahu isi cerita lo secara pendek tetapi lengkap serta nggak mengurangi nilai naskah lo. Nah di bawah ini ada sekilas mengenai sinopsis novel.

Sinopsis

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.

Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya.

Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Langkah-langkah membuat sinopsis


*Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.

*Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan - gagasan yang penting.

*Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke 2. Kita bgunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkaijalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.

*Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.

*Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.


Diperoleh dari http://id.wikipedia.org/wiki/Sinopsis_novel

CERPEN

Anyerku bukan Kutaku

By Ello Aristhosiyoga




Kuta, Bali.


Pergilah, gue nggak bisa ngelakuin semua ini. Bila saja gue tau sejak awal.

Duduk ini, serasa mencambuknya. Semua pertanyaan belum terjawab, terus terkunci. Sama sekali dan hanya ada…

Hubungan!

Kata itu amat menyedihkan. Berkali-kali menembak gue tanpa henti. Meluluhlantahkan pertahanan ini.

Sony hanya bisa memainkan sedotan jus di sebuah stand.


***


Gerak Sony melahap garis pantai. Mengumbar angan kesal-Bandung. Lama juga, Sony menikmati pagi Kuta dalam satu sekam yang tertunda. Pelarian ini mungkin yang paling pecundang dilakoninya.

Rufy! Rufy lah sumber kesal. Dan muskil bagi Sony, mengatur kisah-kisah lampau.

Cemburu terbakar ketika merekam semuanya. Ingin Sony membanting raga. Kesal. Terlalu kesal. Hingga pertengkaran di malam penggalangan dana agenda perpisahan kelas tiga, puncak kemarahan Sony.

“Gila, gue nungguin lo sejam Rufy! Sejam bahkan lebih delapan menit! Dan sekarang lo bilang maaf”

“Gue… hanya”

“Lo hanya apa Rufy! Asli, lo hebat banget nyembunyiin semuanya. Hubungan kita ini apa!”

“Dengerin gue dulu”

“Apalagi lo pergi dengan dia, Lando. Gila ya! Hanya bisa bilang maaf. Gue nggak tahu apalagi yang ada di pikiran lo. Lo pikir gue apa!”

Kalut semua memori itu, habis bercampur tiga hari di Kuta. Nggak lekang pikiran Sony dan nggak akan pernah kekesalannya punah terhadap Rufy. Berjalan lagi Sony, menuju bibir pantai Kuta beberapa meter. Menyibakan kaki mendekati garis air. Terduduk Sony menautkan semua pikirannya. Malah semakin menjadi ingatannya pada Rufy.

Kedepan membentang gerombolan ombak berlautan wisatawan.

Kenapa juga sunyi datang menyergap Sony, bahkan lebih sunyi dari hingar-bingar Kuta.

Ya, pantai! Sunyi!

Satu kenangan yang nggak bisa dilupakan Sony. Tujuh bulan lalu, acara imagurasi study awal bulan berlokasi di Anyer.

Jauh dari kerumunan siswa lain. Niat Sony muncul. Ia menarik Rufy menjauh dari keramain siswa lain. Membawa Rufy sedikit menjauh ke bibir pantai.

Mata Rufy benar-benar nggak percaya. Nampak jelas, ribuan lilin putih indah membentuk satu buah gambar hati. Mengagungkan! Sangat dan bahkan.

“Gue, ingin malam ini lo tau. Hati dari nyala lilin-lilin ini adalah hati gue untuk lo”

“Sungguh?”

“Tentu Rufy”

Bersigap Sony penuh bangga. Tanpa sedetik terlewat, Rufy tenggelam dalam pelukan Sony.

“Gue pengen, pantai ini menikmati dan menyaksikan kita”

“Gue percaya itu Sony. Gue percaya lo bisa melindungi gue. Dan gue ada untuk lo”

Ujung pantai, segerombolan pengamen cilik menyelinap. Menghantam kesunyian Anyer. Sebuah harmoni musik menghambur ilusi udara, dari latar lagu Glen Ferdly-Aku Cinta Padamu.


Di malam yang romantis ini

Tuk kau dan aku

Tetapi dikau bagaikan air yang membeku

Masih terbaca aku, di matamu

Haruskah aku berikan lagi

Tuk yang keseribu kali

Aku cinta padamu, sungguh

Aku cinta padamu, sungguh

Meskikah kuulangi dari mulutku sendiri

Aku cinta padamu, kasih


“Mau dansa?” Ajak Sony.

Tertarik tubuh Rufy, mencekal tangannya pada Sony. Memulai gerakan asik hingga larut dalam dansa.

Dansa paling romantis.

“Biar gue nggak bisa ngedatangin penyanyi aslinya. Setidaknya ada hiburan untuk kita malam ini. Bahkan tiga pengamen cilik ini lebih sadis suaranya bagi gue. Karna gue tau ada ketulusan di setiap kata cadel mereka”

Semakin asik keduanya. Berdansa ria tanpa peduli apapun.

Hingga sekian detik bersambung rintikan langit. Menjatuhkan amunisinya di daratan Anyer.

“Rufy. Ayolah kita pergi. Hujan!”

Terlepas jaket Sony, tersemat hangat pada pundak Rufy.

“Ayolah”

“Nggak Sony. Gue nggak mau. Gue yakin hujan juga ikut larut bersama kita, malam ini! Dan gue nggak akan pergi”


***


Persis, hujan menyambar Sony tanpa sengaja. Buru-buru ia berlari dari garis pantai. Berteduh di sebuah stand cafe mini.

Hujan! Rintikan ini lebih kurang sama seperti, Anyer.

Hujan itu juga yang membuat Rufy, esoknya sakit. Menambah satu rasa bersalah Sony. Lima hari juga Rufy harus menginap di rumah sakit. Menghabiskan hari di awal hubungan mereka.

Nggak henti-hentinya, Sony berbolak-balik rumah sakit.

“Rufy, nggak usah bergerak. Lo lagi sakit. Gue nggak pengen ngelihat lo nambahin panjang hari lo di rumah sakit”

“Nggak Sony, gue ingin sekali ngelihat nama pengirim buffet bunga itu”

Mata Sony berputar sejengkal, tangannya menjejal naik ke samping monitor pendetak jantung. Satu bunga lili cantik tersenyum manis. Memancarkan kilauan mutiara.

“Ya, ini dari Lando”

“Lando?”

“Benar Rufy, dari Lando”

Diam menyelimuti Rufy. Lando pergilah… batin Rufy. “Itu, bunga pertama yang gue terima”

“Lo suka lili?

Terangguk kemudian kepala Rufy.

Hingga esoknya datang Sony membawa satu buffet lili. Amat memukau. Serasi sekali dengan aura wajah Rufy.

“Gue sengaja ngasih lili plastik. Karna nggak akan habis masa mekarnya, seperti rasa ini. Nggak pernah lelah mekar terlekang waktu”

“Sungguh?”


***


Tanpa Sony sadari hujan Kuta telah pergi. Susulannya kembali, keluar stand. Belum langkah kelimanya, Sony tersentak kaget.

Kelipungan kakinya ingin menghidar. Sesenti darinya hadir Rufy.

Puluhan garis cantik dilihat Sony pada cewek itu. Jauh lebih cantik dari tujuh bulan lalu.

“Masih ada kesempatan kedua buat gue?”

Tertunduk kepala Rufy. Nggak berani menatap Sony.

“Harus jelas Sony! Aku dan lando nggak ada apa-apa. Kita hanya teman. Teman biasa”

Terkatup bibir Sony.

“Sony, kesempatan kedua?”

Lo nggak tahu, Rufy! Benar-benar keliru. Gue sadar semuanya. Gue pastikan lima tingkat lebih sadar dari tingkat normal. Gue juga membaca ketulusan itu. Buffet pemberian Lando. Dia suka ama lo. Banyak gue lihat curahan hatinya di kartu nama pengirim buffet. Sengaja gue buang ketika lo ingin ngelihat buffet bunga di rumah sakit. Sadarlah Rufy, ada cinta yang lebih dari gue!

“Kenapa diam. Please dengerin gue”

“Rufy, maaf. Lupakan gue. Pergilah, kejar cinta Lando. Dia sangat mencintai lo.

“Kenapa?”

“Dia lebih baik dari gue…” kata Sony lirih dan berlalu dari hadapan Rufy.


***


Maaf Rufy! Gue nggak ingin semuanya terluka lagi. Sakit sekali jika gue mengulang amarah gue.

Berdiri Sony dengan tegar. Menatap Kuta dalam-dalam.

Dan Sony benar-benar nggak tahu. Dua bola mata terus memandanganya. Memandangnya penuh arti. Mata itu milik Rufy.

Mengarang, Karangan

Mengarang merupakan kegiatan berbahasa dengan media tulisan. Tujuannya tidak berbeda dengan berbicara. Karangan berisi ide atau gagasan yang diuraikan selengkap-lengkapnya, dan terbagi atas;

  • Bab-bab.

  • Pasal-pasal.

  • Ayat-ayat.

Dalam bentuk karangan singkat, penguraian bagian-bagiannya tersusun berupa

  • Alenia-alenia atau paragraf.

  • Kalimat-kalimat.

Sebuah pikiran dalam sebuah kalimat mengundang pokok pikiran dan bagian-bagian yang menjelaskannya, hingga lengkap menjadi sebuah pernyataan pikiran. Apabila kalimat-kalimat itu disatukan hingga menjadi satu kesatuan pernyataan yang utuh, jadilah kesatuan itu menjadi sebuah paragraf atau alenia. Ciri-cirinya antara lain:

  • Keseluruhan uraiannya merupakan satu kesatuan utuh.

  • Hanya mengandung satu buah pikiran utama dan dilengkapi dengan ide penjelas.

  • Penguraian dalam bentuk karangan pikiran/ide/kalimat utama tergantung pola yang dipakai, Induktif atau deduktif, bisa juga campuran.

Bentuk karangan dari sisi ide atau gagasan adalah Narasi [paparan atau cerita, jenis narasi pada umumnya berbentuk fiksi], Eksposisi [paparan yang dilengkapi dengan data-data kesaksian seperti, grafik, gambar, statistik, dengan tujuan memperjelas masalah yang akan disampaikan], Argumentasi [karangan yang berupa ide atau gagasan yang dilengkapi dengan data-data bertujuan untuk mempengaruhi pembaca], Deskripsi [penggambaran sesuatu menurut adanya. Disebut juga karangan lukisan], Persuasi [Karangan yang disampaikan dengan cara-cara tertentu bersifat ringan, menarik dan mempengaruhi secara kuat kepada pembaca, hingga si pembaca terhanyut dalam siratan isi karangan]

Di samping itu dikenal pula jenis karangan: Ilmiah [berisi penguraian ilmu pengetahuan, dengan baku, dan mengandung makna, makna pasti atau denotatif. Karangan Ilmiah selalu logis, dan terhindar dari pengungkapan emosional], Non Ilmiah [karangan yang berisi uraian yang mungkin fiktif atau cerita bisa di dalamnya terkandung unsur-unsur imajinatif, emosional, dan makna-makna konotatif-bermakna sampingan]


Silahkan buka menu sastra lain dalam arsip, atau mau cerpen gratis silahkan buka arsip cerpen. Update tiap minggu!

Info dan Materi Seputar Jurnalistik

Info seputar Jurnalistik kurang lebih untuk menunjang lo sebagai profesi wartawan atau sebagai penikmat ilmu tersebut. Banyak yang akan dibahas tiap minggu, selalu lo pastikan untuk meng-update. Gue bakal ngasih info dari orang-orang beken.

[buat nama penulis yang tercantum, saya berterima kasih banyak. Ini bukan ajang untuk mencari populariti atau semacamnya. Tapi tempat berbagi ilmu. Dan sekali lagi buat penulis yang muncul dalam materi jurnalistik ini, terima kasih banyak]

Karya Jurnalistik

Secara kasar karya jurnalistik bisa dibagi menjadi tiga:


Stright atau Spot News, berisi materi penting yang harus segera dilaporkan kepada publik (sering pula disebut breaking news). Banyak media yang mengusung jenis ini. Biasanya paling sering muncul di media penyiaran.


News Feature, memanfaatkan materi penting pada spot news, umumnya dengan memberikan unsur humanis atau manusiawi di balik peristiwa yang hangat terjadi atau dengan memberikan latarbelakang (konteks dan perspektif) melalui interpretasi.


Feature, bertujuan untuk menghibur melalui penggunaan materi yang menarik tapi tidak selalu penting.


Menurut Ismahfudi MH pada dasarnya ragam berita ada 4 macam, yaitu:

  1. STRAIGHT NEWS

  • Disebut juga Hard News, Berita Langsung, Spot News dan Berita/laporan yang diringkas.

  • Peristiwa yang harus sesegera mungkin disampaikan pada pembaca.

  • Laporan dari teknik reportasi dasar, misalnya; untuk melaporkan sebuah kejadian di sebuah harian.

  • Menampilkan fakta-akta keras, sehingga lebih mementingkan unsur significance dan timeliness.

  • Memuat berita yang penting-peting saja, dengan kaidah 5W 1H, kadang terdiri dari awal klimaks dan akhir.

  • Nilai beritanya tidak awet, karena hanya bersifat memaparkan.

  • Ketertarikannya terletak pada pengawalan (Lead), hubungan antara lead dengan isi berita, keakuratan data hasil reportasi dan cara penyajian.

  • Penyajiannya harus sesuai dengan aturan piramida terbalik, lebih bersifat deskriptif, dan harus menghindari kata berkabut untuk menjamin kejernihan tulisan.

  • Yang terpenting dari sebuah Straight News adalah informasi aktualnya.

  • Contoh: Berita di koran, yang banyak menjadi headline.


  1. SOFT NEWS

  • Disebut juga Side Bar atau berita ringan

  • Lebih menonjolkan unsur menarik human interest dan biasanya berkaitan dengan kejadian penting dan yang lepas berdiri sendiri.

  • Mencerminkan kekonyolan (komedi), dramatis, kontroversial, tragis, unik, di luar kebiasaan dan jarang terjadi.

  • Memuat unsur 5W 1H dan tidak terikat dengan metode penulisan piramida terbalik.

  • Tulisan bersifat menghibur dan pembaca tak perlu berpikir keras untuk dapat memahami isinya.

  • Contoh: berita singkat tentang seseorang, biasanya ada di halaman belakang koran.



  1. NEWS FEATURE

  • Biasa disebut dengan berita kisah atau teknik mengisahkan sebuah cerita

  • Tulisan mengenai kejadian yang menyentuh perasaan atau menambah pengetahuan secara rinci dan lengkap.

  • Nilai aktualitas bukanlah hal yang terpenting. Yang utama adalah bagaimana menyuguhkan sisi-sisi atau hal-hal yang bisa membangkitkan rasa haru, mengagumkan, membanggakan, kepedihan, kepiluan, kesengsaraan, pokoknya semua hal yang menyentuh hati nurani, karena memang digali dan diarahkan pada hakikat kemanusiaan atau kedirian (eksistensi) dari sesuatu peristiwa/objek berita. Sehingga diperlukan informasi yang lebih dalam lagi dan mencoba menguak hakikat nilai terdalam yang terdapat dari sebuah peristiwa.

  • Biasanya ditulis dalam bentuk Deskriptif-Naratif, dengan Nilai utamanya adalah unsur human interest atau informasi menambah pengetahuan.

  • Jenisnya : profil manusia, sejarah, pengalaman seseorang, how to do, perusahaan, dll



  1. DEPTH NEWS

  • Disebut juga Investigatif News(Berita Investigasi), Depth Reporting (Laporan Mendalam), Analysis News (Berita Analisis)

  • Hampir sama dengan berita kisah. Bedanya unsur human interest belum tentu ditemukan di sini.

  • Menuliskan permasalahan secara lengkap, menyeluruh, mendalam dan analitis. Maksudnya menyajikan informasi agar pembaca lebih memahami duduk perkara suatu masalah.

  • Segala hal yang akan mendukung penulisannya harus ditempuh dengan reportase dan liputan terencana, memerlukan waktu panjang, riset, dan ditulis dalam sejumlah sudut pandang.

  • Berusaha memandang sesuatu hal dari segala segi dan menghubungkan semua sudut pandang tersebut pada suatu fokus pembicaraan. Fokus pembicaraan ini biasanya dipilih pada suatu permasalahan yang sangat kurang tersentuh oleh penulisan media yang lain, atau belum pernah serius diangkat tetapi mungkin saja bersinggungan dengan masalah-masalah yang lain yang sudah sangat populer.

  • Tulisannya biasanya berbentuk Argumentatif, dengan analisa yang lebih dalam terhadap suatu objek penulisan atau objek berita.

  • Contoh: berita-berita laporan utama pada majalah atau laporan khusus di Koran.


Untuk info jurnalistik lain akan segera muncul lagi. Silahkan update tiap minggu. Tongkrongin terus blog ini.