Available on bookstore

Available on bookstore

09 August 2009

B3: D’ Angel


Tittle : D’Angel
Penulis : Luna Torashyngu
Penerbit : Gramedia

Ngomongin teenlit lagi, seru nih. Dunia teen emang so perfect. To the point, Novel D’Angel aku beli sekitar setahun lalu, bulannya aku agak lupa, yang pasti di atas Juli. Kalo nggak salah belinya dua, yang satunya lagi teenlit dengan judul New Age (tapi di sini aku nggak bakal ngebahas New Age, mungkin untuk postingan berikutnya)

Terhormat banget saat aku dapatin nih buku, aku pikir biasanya teenlit ceritanya nggak jauh-jauh dari cinta – masih sama kupikir demikian saat ngebaca nih novel di halaman-halaman pertama. Nyatanya pemahaman itu terbantahkan kemudian, kenapa? Akan aku perjelas di bawah. Karena ada yang pengin aku sampein dulu. Buku ini sebenarnya telah diterbitkan duluan oleh sebuah penerbit teenlit juga yaitu penerbit Cinta – sepupunya Mizan atau Mizan Fantasi dengan judul Sweet Angel # 1: The Pigeon.

Buku ini mengisahkan sebuah cerita sederhana di awal dan rumit di belakang. Why? Anda akan dibawa seolah masuk sebuah cerita dengan musik mellow dan pertengahan sampai akhir anda akan ngerock! Maksud aku, buku ini awalnya mengisahkan warna dunia remaja tapi akan penuh dengan action di pertengahan cerita hingga akhir. Pantaslah bahwa D’Angel tampil dengan gaya yang beda untuk seorang penulis Indonesia. Sebuah novel action remaja? Tentu saja!
Luna Torashyngu mengisahkan dalam buku ini tentang seorang cewek SMA – Fika, dengan segudang kelebihan dan belakangan dia tahu kelebihannya itu karena dia bukan seorang manusia, tapi Geneoid – manusia hasil rekayasa DNA oleh seorang profesor. Kehidupannya berubah terbalik saat merayakan hari jadiannya dengan cowok populer sekolah – Reza, dia diincar oleh geneoid jahat.
Awalnya dia sendiri heran mengapa sampai hidupnya diburu oleh para genoid jahat. Untungnya dia ditemani seorang cowok Los Angel yang membantu Fika mengungkap semua teka-teki dalam hidupnya. Nggak kalah tanggung penulis melibatkan CIA, OPM dalam buku ini. Luar biasa? Tentu saja untuk penulis Indonesia aku akui sebuah terobosan yang menarik, kalo saja penikmat buku di Indonesia seperti di Barat, mungkin buku ini laris manis.
Untuk setting-nya megang banget deh! Setting-nya banyak amat nggak kecuali San Diego-As, Harbour Front-Singapura. Penulisnya sadis, sempat berpikir untuk nelurin buku kayak begini.

Sayangnya, buku ini trilogi, jadi kamu mesti baca lanjutan duanya lagi, D’Angel: Rose dan D’Angel: Princess. Biar bisa mengartikan sebuah tanda tanya dalam mimpi si tokoh utama ini… satu hal lagi dalam teenlit ini kamu jangan bingung saat menemukan sebuah awal paragraf baru yang nyatain ‘satu menit sebelumnya…’ atau sejenisnya karna gue pikir itu agak rancuh dengan alur majunya sih, (itu menurut pribadi gue aja kok… bukan generalisasi!)
Terlepas dari semua itu, harus gue akui, penulisnya luar biasa imajinatif.

Ending yang dipilih penulis cukup hebat, karena bakal memaksa kita tuk baca lanjutan trilogi lainnya.

The last, aku akan beberin keunggulan D’Angel. Pertama teenlit ini termasuk hadir dengan jenis yang super berbeda untuk teenlit yang ditulis oleh seorang penulis Indonesia, sebuah action remaja? Bayangin aja sendiri. Ceritanya menawarkan penuh action khas untuk pembaca, sukses banget! Kedua teenlit ini menggunakan setting beragam hingga nggak kelihatan monoton alias itu-itu melulu. Ketiga bahasa penulis sangat mudah dipahami, nggak seperti tulisan-tulisan Andrea Hirata di Laskar Pelangi-nya, yang super berat, untuk pembaca pemula. Keempat, yang kurasa amat penting, penulis berhasil ngebuat pembaca penasaran, penasaran itu terdiri dari dua hal, satu: apa arti dari mimpi-mimpi Fika (si Tokoh Utama) selama ini, dan yang kedua adalah, bagaimana dengan nasib musuh besarnya, Jendral Rastaji – yang nggak sempat dibunuhnya.

Wuih, buat penggemar buku action, nggak perlu kok jauh-jauh nyari buku sejenis dari penulis luar, cintai tulisan dalam negeri, meski intriknya nggak rumit tapi action-nya megang.

5 komentar:

aku ja sampe tergila gila coz nggak bisa bisa baca lanjutan novel kedua d'angel rose. . .;))

seru bgt...udh bca smuanya...keren!! :))

keren bangeeett, sukses terus deh buat Kak Luna :)

Post a Comment

Orang Keren Pasti Komentar...