Available on bookstore

Available on bookstore

31 October 2009

Kuliah versus Pelatihan

Wah pagi ini telat lagi. Sebenarnya hari ini bukan kuliah, tp pelatihan. Masuknya jam 8 teng! But karena semaleman main internet ya jadi bangun kesiangan dah.
Pas ke kampus, dosennya udah masuk. Untung ngga dikeluarin. Maaf ya pak.
Meski tuh dosen dikit tegas ma anak lain, tp gw udah dipuji dua kali, pertama waktu buat feature, sekarang 2 brita hasil editan gw lumayan udah bagus, katanya sih!
Tapi ya itu tadi gue mesti makan 3 mata kuliah laen, teori komunikasi massa, brita pelatihan dan produksi siaran radio tv film. Itupun belum ditambah mata kuliah metodologi penelitian jam 2 siang nanti. Huaaaa semuax bikin otak gue rada tepar. Tp no problemo... Hidup kerja keras!!!

01 October 2009

B3: New Age


Tittle : New Age
Penulis : Andryan Suhardi
Penerbit : Gramedia

Akhirnya bisa juga review nih buku setelah nyaris setahun buku ini mengendap di rak buku aku. Bukan sengaja, tapi karena ada buku lainnya yang masih dalam proses penungguan untuk aku review. Buku ini aku beli bersamaan dengan teenlit Luna Torashyngu––D’Angel. Selain itu novel yang dipenuhi beberapa endorsement dari para tokoh bulu tangkis membuat New Age terasa spesial. Sespesial apakah? Kita baca review-nya!

Novel ini menyajikan sebuah cinta dengan cara yang berbeda, tentang motivasi dan semangat. Tentang cinta tanah air dan harapan. Cerita dibalik teenlit New Age mengisahkan dua remaja belia––Carolin Irmayanti dan Joselyn Adelia yang memiliki satu tekad sebagai pebulutangkis handal di sektor tunggal putri yang selama ini minim akan prestasi.
Perjalanan mereka dimulai ketika dua cewek ini ikut pelatnas dalam persiapan untuk Indonesia Open. Mereka menjalani semua didikan, tekad, spirit di dalam pelatnas dari seorang pelatih handal, Senjaya. Buku ini pun menyajikan bagaimana kehidupan di Cipayung. Interaksi antar teman (para atlit) dan pelatih. Dan kamu bakal disuguhkan sisi kehidupan para atlit di dalam buku ini walau nggak dijelaskan dengan detail. Tapi sebuah fiksi ini sudah mewakilinya.
Nggak hanya itu para tokoh di dalamnya pun diceritakan menarik, seakan setiap tokoh memiliki pribadi masing-masing. Seperti pencitraan teman-teman Joselyn dan Carolin––Seperti Loveliani, Maya, Lidya dan beberapa tokoh lain. Satu yang pasti, bahwa buku ini menegaskan kalo Atlit juga manusia, punya sifat, punya kekurangan, punya keinginan.

Novel yang menghadirkan kesan motivasi dan cinta tanah air di dalamnya lewat dua cewek ini memiliki beberapa bab yang agak mundur ceritanya kebelakang meski pesan yang ada di dalamnya tetap nggak berubah: membangkitkan kita untuk mencintai Indonesia.
Tapi sayang seperti yang aku udah bilang di atas, di dalam novel ini––maksudnya dalam beberapa bab tadi, pembahasan tentang dua cewek ini sebelum masuk pelatnas sangat banyak. Nyaris memenuhi sebagian halaman novel, sehingga kita harus mundur sedikit padahal kita berharap bahwa perjalanan ke pelatnas menjadi cerita seru. Dua bab itu dibungkus dengan ‘Bab Carolin dan Bab Joselyn’. Namun nggak masalah dalam bab itu kita bisa mengetahui awal perjuangan dua cewek ini untuk menjadi pebulutangkis. Ada pengorbanan, perlawanan dan kisah yang akan kamu temui. Penasaran?

Sebuah ending ditawarkan menarik di sini. Dua cewek––Carolin dan Joselyn yang sudah lama ingin mengembalikan prestasi pebulutangis Indonesia khususnya putri bakal menghadapi dua pebulutangkis dunia yang kerap menjuarai seluruh turnamen dunia, Lie Ling dari Cina dan Bae Soong Ra dari Korea. Dan tentu saja ada sebuah kejadian yang mungkin terlewatkan, pada bagian akhir Bab kamu ditawarkan sepenggal kisah dari seorang Yenny––sahabat rahasia Joselyn.

Keunggulannya sendiri, New Age termasuk buku yang memiliki misi yang sangat indah, cinta tanah air. Misi yang selama ini masih ditinggalin banyak orang. Pokoknya sebuah karya nggak terduga dari seorang Andryan Suhardi. Selain itu kamu nggak perlu memikirkan konflik yang berbelit-belit. Nyaris nggak ada. Namanya juga teenlit, ringan lincah dan teen banget. Aku ancungin jempol untuk Andryan Suhardi. Bukunya so ok!