Available on bookstore

Available on bookstore

25 March 2010

B3: Membongkar Gurita Cikeas


Di Balik Skandal Bank Century

Tittle: Membongkar Gurita Cikeas
Penulis: George Junus Aditjondro
Penerbit: Galang Press

Buku ini, aku dapat dari teman aku, soalnya nggak sempat membelinya, lagian peredarannya emang sekejap hilang dari pasaran, karena ditarik. Buku ini telah aku baca dua bulan lalu, tapi baru sekarang dah punya kesempatan untuk me-review-nya.
Sebagai masyarakat, akhirnya aku penasaran juga ingin membaca buku ini, setelah beberap media gencar menayangkan berita tentang Membongkar Gurita Cikeas, bahkan sekarang buku ini ada tandingannya.
Saat mengetik kata-kata ini diawal, aku cuma berharap, blog aku nggak ditarik mirip nasib buku ini atau diblokir oleh pemerintah. Ngeri juga kalo kemudian blogku dicap anti pemerintahan.

Nah, sekarang kita mulai review-nya. Buku yang hadir dengan gambar gurita bermahkota ini, sedikit banyak menggambarkan skandal korupsi di negeri tercinta ini, meski hanya berupa potongan-potongan berita dan informasi. Beberapa fota di dalamnya pun, berasal dari beberapa situs dan blog. Bahkan itu terkesan datanya kurang klop. Tapi beberapa membuatmu akan mengerti... Oh begini... Oh begitu...
Untuk keakuratan data tersebut, aku hanya ingin kembalikan kepada pembaca buat menilianya. Buatku buku ini hanya perbandingan saja, pengetahuan tentang perkembangan skandal century yang lagi gencar beredar dan kasus korupsi. Nggak lebih. Bahkan aku pengin membaca buku tandingannya.

Untuk ukuran seorang penulis, George dikatakan sebagai pemberani. Berhasil mengeluarkan buku yang paling tidak membuka mata kita tentang apa yang sedang terjadi di negeri ini. Selain itu kerja keras mengumpul potongan-potongan informasi sangat berharga dan patut diacungin jempol. Ini adalah buku yang patut diketahui para jurnalis.
Kekurangannya, beberapa isi dipaparkan dalam bentuk lampisan sehingga membuat pembaca, khususnya pembaca awam akan sulit dan mungkin harus membolak-balikan buku ini untuk membaca informasinya secara jelas.
Terlepas dari semua kontroversi buku ini, setidaknya buku ini mampu menjadi pengawasan kinerja pemerintah.

Membongkar Gurita Cikeas, nggak patut tapi layak dimiliki.

12 komentar:

eheh aku sering baca reviewnya nih tapi belom baca lansung hm jadi main penasaran

bacanya lum selesai...banyak banget...

layak dibaca, setidaknya jadi tahu....

hmm ...

ana g terlalu suka baca yang berat2 kayak ni buku ...

tapi, kita ambil positif'y aje kali yey ...

^_^

nice posting ...
sangat informatif ...

salam sobat
yups setuju ,,,
walaupun ngga patut membongkar Gurita Cikeas tapi layak dimiliki ya...

salam sobat
wah ternyata buku ini ,,didalamnya mengulas tentang skandal korupsi.

ga update nih postingannya ha ha ha, :)

yah... lagi-lagi buku yang membahas masalah korupsi... sampai kapan ya korupsi di negeri ini bisa diberantas habis???

beritane tuh buku cukup menggemparkan juga, tapi aku blm punya n baca heheh tapi dah di ulas nih jadi tau de

salam kenal..nampak mcm menarik ni..blh beli nnti

Pelajaran buat diri masing-masing saat jadi pemimpin, jadilah sebaik2nya pemimpin, ingat siksa di akhiratterhadap pemimpin yang tidak amanat berat banget..

Salam hangat dari afrika barat..

salam dari MALAYSIA..
adakah itu sotong?? hehee

Post a Comment

Orang Keren Pasti Komentar...