Available on bookstore

Available on bookstore

11 September 2011

Pray For Ambon

Tadi siang saya kaget saat mengecek timeline twitter saya, yang semuanya mengabarkan keadaan Ambon. Saya yang tinggal di Ambon sendiri pun mulai gusar, sebenarnya apa yang sedang terjadi? Selang beberapa menit sekitar pukul 14.00 WIT kakak saya--kebetulan baru pulang dari kota--mengisahkan kericuhan yang terjadi di pusat kota, daerah Trikora antara dua massa.

Penasaran saya langsung men-tweet ke beberapa kawan saya yang tinggal di kota Ambon atau yang berdekatan dengan spot kejadian ricuh massa, nihil, tak ada yang membalas tweet saya. Namun semenit kemudian beberapa tweet teman-teman saya, @iphankdewe dan @almascatie mengabarkan keadaan-keadaan terkini berhubung mereka berada di lokasi kejadian. Sejurus kemudian pun puluhan tweet telah menulis banyak status dengan tagar "#PrayForAmbon" dengan berbagai gusar dan harap. Maka, sudah dapat dipastikan, mengalirlah beberapa serbuan tweet untuk mendukung kedamaian di kota Ambon, termasuk penyanyi asal Maluku Glenn Fredly. Dalam akunnya @glennfredly menulis, 'September 11 hari ini, ada pihak yang mau buat rusuh kota Ambon lagi..plis doa buat kota Ambon ya teman.. #PrayForAmbon'


Melalui dua akun twitter, @iphankdewe dan @almascatie mereka meluruskan beberapa isu yang merebak di masyarakat saat bentrokan terjadi. Diantaranya:
-kosentrasi massa hanya terjadi di daerah PLN-Tugu Trikora dan tak terjadi pada titik lain
-tak ada pembakaran gedung
-Blokir jalan tak berlaku
-Daerah Waringin dan Talake sempat tegang namun sudah kondusif
-pemuda-pemuda terlihat berjaga-jaga di jalan utama kota
-memang terjadi pelemparan batu antar kedua massa yang ricuh
-aksi ricuh dipicu tewasnya seorang tukang ojek
-aparat keamanan terlihat sedikit di spot kejadian

Sebagian akun twitter lain, seperti @sarahaleyda, @EmbongS memberikan dukungan tuk kedamaian kota Ambon, tentu saja dengan menulis tagar #PrayForAmbon. Lalu diikuti puluhan pengguna twitter dari kota lain yang turut serta menyuport keadaan di Ambon, bahkan ada beberapa orang yang mention ke saya, menanyakan tentang kondisi terkini Ambon. Saat itu saya hanya mengatakan 'Minta doanya tu Kota Ambon'. Kemudian sekitar jam. 17.00 TVOne sudah mengupdate berita ricuh Ambon melalui panel berjalan di layar, diantaranya 'polisi membubarkan massa'. Alhamdulillah penegak hukum telah berada di lokasi kejadian.

Tak lama sahabat saya, yang notabennya beda agama dengan saya menelpon saya. Ternyata pembicaraan kami sepakat bahwa "kami tak ingin Ambon ricuh". Panjang lebar pembicaraan kami yang segitu akrab ini, tentu makin menandakan bahwa yang terjadi di kota Ambon hanyalah ricuh. Tak ada konflik apalagi yang berbau agama.

Menjelang maghrib semua tweet di timeline saya sudah memberitakan bahwa kota Ambon sudah mulai tenang dan kondusif. Namun masalahnya, beberapa akun twitter seperti @rifkysantiago, @EmbongS, @iphankdewe malah menggerutu kepada para jurnalis yang memberitakan 'Ambon Rusuh Lagi' mereka menginginkan kata 'Rusuh' diganti dengan 'Ricuh' dan segera memberitakan Ambon sudah kondusif. Bulan-bulanannya terutama dilempar ke metrotv yang menulis 'Ambon Rusuh Lagi' di headlinenews pukul 19.00 WIT, walaupun wawancara by phone dengan Pangdam XVI Pattimura dalam headlinenews yang sama saya rasa sudah jelas mengabarkan kondisi terakhir di kota Ambon saat itu. Herannya ada pengguna twitter yang menanyakan nama kontributor metrotv yang melaporkan berita ricuh ini, karena saking kesalnya kepada metrotv. Namun saya rasa penjelasan live pak Pangdam sudah jelas kok. Ambon sudah tenang.

Sekitar pukul 20.00 WIT beberapa timeline twitter dan kontak BBM saya di penuhi dengan support tuk kota Ambon dan sepakat mengirim pesan berantai ini ''Basudara semua, mari katong dukung gerakan pray4mbon, serentak katong akang doakan bersama-sama KONDISI KOTA AMBON, Jam 10 malam Ambon, jam 9 Malam Makassar, Jam 8 malam Jakarta, mari katong semua broadcast, twit, sms, wall info ini biar katong semua satu hati satu doa untuk kota AMBON Tercinta, God Bless Maluku."***

Sampai malam ini, keadaan di kota Ambon sudah kondusif bahkan masyarakat memilih berdiam di rumah. Semoga aparat keamanan bersiap di lokasi-lokasi rawan dan masyarakat kota Ambon turut serta menjaga kedamaian di kota ini. Sungguh kami cinta Ambon, #PrayForAmbon.

Catatan:
***Menggunakan Bahasa Ambon: Saudaraku semua, mari kita dukung gerakan pray4mbon, serentak kita akan doakan bersama-sama KONDISI KOTA AMBON, Jam 10 malam Ambon, jam 9 Malam Makassar, Jam 8 malam Jakarta, mari kita semua broadcast, twit, sms, wall info ini biar kita semua satu hati satu doa untuk kota AMBON Tercinta, God Bless Maluku.

---
Powered by Telkomsel BlackBerry®

4 komentar:

Ambon sedang panas ya? :'( sedih juga.. soalnya kawan saya ada yang tinggal di sana. :( #PrayForAmbon

@ayu: ambon udah kondusif, tolong support ambon ya?????? #PrayForAmbon

oke ello saya bakalan menggalakan #PrayForAmbon buat menuhin timeline twit temen2 saya.. :) semangat!

@ayu: makasih ya, Ayu! Atas partisipasinya.

Post a Comment

Orang Keren Pasti Komentar...