Available on bookstore

Available on bookstore

26 November 2011

Orang Pintar ala Laskar Pelangi


Sebuah petikan paragraf yang sebenarnya bagus untuk disimak ini saya ambil dari Novel Laskar Pelangi pada halaman 113, pada bab 11 (Langit Ketujuh). Tentu saja masih versi novel awal terbit, bukan versi film.

Agak paragraf ini menyindir sekaligus menggelitik. Berikut petikan paragrafnya:
"Aku pernah mengenal berbagai jenis orang cerdas. Ada orang genius yang jika menerangkan sesuatu lebih bodoh dari orang yang paling bodoh. Semakin keras ia berusaha menjelaskan, semakin bingung kita dibuatnya. Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sangat cerdas. Ada pula yang kurang cerdas, bahkan bodoh sebenarnya, tapi kalau bicara ia terlihat pintar. Ada orang yang memiliki kecerdasan sesaat, kekuatan menghafal yang fotografis, namun tanpa kemampuan analisis. Ada juga yang cerdas tapi berpura-pura bodoh, dan lebih banyak lagi yang bodoh tapi pura-pura cerdas."

Begitulah isinya--semoga ini tidak melanggar hak cipta karena mengutip sebagian, dan saya rasa Andrea Hirata juga tidak akan sejahat itu menuntut saya--kira-kira anda termasuk tipe yang mana? Semoga bukan orang yang berpura-pura.

Kita bahkan kadang mengagumi orang dari omongannya yang terlihat pintar atau tulisan yang membuat kita terkesima. Tapi tingkat kecerdasan siapatau. Tentu saja saya bukan orang yang pandai berbicara dan termasuk orang yang agak cuek mengenai topik berat. Tapi mudah-mudahan saya bukan jenis orang bodoh di mata sahabat saya. Apalagi saya bukan PlanMaker yang baik.

Nah, setujukah anda dengan pendapat Andrea Hitara tersebut?

48 komentar:

waaaaahhhh banyak jenis c3erdas ya
aku sering menemukan di alam nyata dari jenis :
"lebih banyak lagi yang bodoh tapi pura-pura cerdas"
sungguh aneh

Kalau aku... hahaha, entahlah. cuman cuman sy tipikal orang yang lebih memilih menyimak dalam satu forum, dan berpendapat jika benar2 perlu.

Salam kenal abang.

@attayaya: Kadang begitu, anda menemukan yang tidak cerdas namun sering berpura-pura. Manusia memang kadang menipu agar telihat 'wah' di mata orang lain.

@syam: tipe diam-diam menghanyutkan yah. Tipe yang jadi kudÀ hitam di antara yang menonjol lainnya. Cerdas yang tersembunyi itukah?

Follow my twitter: @elloaris

andrea hirata orangnya keren, mampu menampilkan imajinasinya dalam bentuk tulisan yang mudah dicerna bagi pembacanya

@gajah_pesing: yap Andrea memang hebat, dan sangat kuat dalam tulisan-tulisannya.

cerdas tuh cuma menghantarkan kita hanya di bangku perusahaan,tapi imajinasi & kreatifitas akan mengahantarkan kita melalang buana ke seluruh penjuru dunia tanpa terkecuali
karena tempatnya sarjana dengan nilai cumlaude adalah perusahaan,tapi lulusan dengan pola pikir jauh kedepan tempatnya tidak pada satu tempat alias banyak tempat yang bisa di jelajahi

menurut saya , orang cerdas adalah orang yang akal pikirannya bersinar terang dan itu bersumber dari hati yang jernih yang bisa mengalahkan hawa nafsunya,mampu menerangi dirinya dan apapun disekitarnya..itulah ilmu di dalam hati!makasih mas ello sudah sering mampir ke blog saya,

@andy: Imajinasi dan Kreatifitas memberikan kita nilai lebih bahkan melampau makna cerdas/pintar. Ataukah imajinasi dan kreatiftas memiliki esensi yang berbeda dengan maksud dari Andrea Hirata?

@KPT: dan Orang cerdas juga adalah orang yang mampu jadi pelita tuk orang lain, menjadi kaki tuk langkah orang lain dan menjadi perpustakaan buat tanya orang lain


Follow my twitter: @elloaris

sebetulnya yang namanya cerdas kan nggak bisa diukur dari satu sisi aja. ada banyak faktor, bisa jadi secara intelektualnya bagus cuman dari emosional dan spiritualnya nggak. jadi kalo diajakin ngomong yang melenceng dari "bidang yang dikuasainya" kadang suka terliat bodoh.. tapi belum tentu bodoh beneran kan ya?.

mudah2an saya kelihatan bodoh tapi nyatanya aku tidak bodoh hehehe

artikelnya sangat menarik ... :)

good artikel sob, saya sependapat dengan paragraf tersebut. Setuju dgn Andrea Hirata dan juga setuju dg tulisanmu.
Saya yakin Andrea tidak akan menuntut sobat karena mengutip salah satu paragraf dari isi novelnya, toh ini juga bagian dari informasi. Pembelajaran.

dan semoga saya termasuk ke type org yang keliatan bodoh tapi sebenarnya pintar ya? hahahaha....

btw, makasih udh berkunjung ke blog saya ya... dan saya ijin follow blog ini sob. trims.

saya malah seringkali menemukan orang genius yang kalau menjelaskan sesuatu lebih bodoh dari orang yang paling bodoh, yakni banyak pengajar saya, hehe

tapi saya punya pendapat : beda tipis antara genius dengan bego. tidak ada orang bego, yang ada hanya orang yang tidak terbiasa :)

kalau saya sih sepertinya mengarah pada kemampuan analisis saya yang kurang, ahaha..

saya jenis yang mana yah???
nyindir nih~

salam kenal ^^

semoga aku menjadi lebih cerdas tapi tidak menjadi tinggi hati
keep spirit
keep smile

makasih mas , salam blogger Kudus

tenang aja , ga akan kena tuntutan hak cipta kog klo nyantumin sumbernya heheeee

dan itu banyak di indonesia. semoga kita termasuk orang cerdas yang mudah dimengerti perkataan dan nalarnya.

@gaphe: hum ia permukaan dan keliatan tidak dapat di-judge. Tapi kombinasi kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual adalah gabungn terbaik.

@anisayu: semoga begitu (merendah amat yah)

@alaikaAbdullah: iya pasti Andrea gak bakalan nuntut saya, dia pasti baik. Mudah2an sesuai harapan. Oke, silahkan di follow

@panggil saya bella: kemampuan analisis juga termasuk dalam mengukur kecerdasan.

@jiah: cari dong yah, hayo yg mana???

@attayaya-bono: tidak tinggi hati, poin penting

@mbah bejo: salam juga!

@Mila: iya semoga terbebas dari tuntutan

@Rusdy: "dan itu banyak di indonesia. semoga kita termasuk orang cerdas yang mudah dimengerti perkataan dan nalarnya" Amieeeen!.
-------
Follow my twitter: @elloaris

tinggl pilih mau jd yg cerdas tapi bodoh atau bodoh emang bodoh...
hahahaha.....

Setuju aja dgn pendapat Andrea, bahkan mungkin bisa ditambahin lagiy jenis-jenis orang cerdasnya.

@zone: Gag tau deh. Kamu pilih dong. Hehehehehe

@21inchs: ditambahin lagi? Sok atuh, diusulkan kepada Andrea Hirata


Follow my twitter: @elloaris

Ha ha ha, orang cerdas ialah yang bisa memahami dirinya. Tapi ini sungguh sulit :)


salam cinta indonesia.

hahaha.... ya enggalah mas. kan melanggar hak cipta kalo bukunya diperbanyak. hehhee.... lagian dengan mas nyantumin sumbernya, aman2 aja kok. hhehehe

@wisataIndonesia: ya, memahami diri sendiri kadang sulit.

@neullubis: iya, kayaknya nggak melanggar hak cipta


Follow my twitter: @elloaris

saya rasa semua orang itu cerdas dengan keahliannya masing2...
mas cerdas bikin buku, mas gaphe serdas bikin blog, saya cerdas bikin obyekan :P

setuju sekali sama kutipannya :D

ayo semangaaaaaaaaaaaaaat....

@ad PL Td: ya, kebanyakan kita memang cerdas sesuai bidang-bisang yg digeluti.

@okcy: setuju juga saya

@attayaya: semangat juga yah?

---------

Follow my twitter: @elloaris

Wah, saya termasuk yg mana ya? yg jelas masih jauh dari cerdas, masih perlu banyak belajar....tp setuju dengan isi uraian di atas plus terwakili oleh comment dr MAs Gaphe .

memang enak hidup di peradaban
terlalu lama di pedalaman aku jadi katrok abis
laskar pelangi pun cuma dengar dengar doang baik novel maupun pilemnya
mau cari ebooknya, kok kaya ga tega ngebajak karya teman sebangsa...

@ririe: Ayo, cari yang mana? Saya juga setuju dengan Mas Gaphe

@rawins: cari ebook? Jgn itu pembajakan.

-----
Follow my twitter: @elloaris

cerdas itu perlu tapi lebih perlu lagi tulus hati dan memiliki budi pekerti yg baik.

@sangcerpenisbercerita: iya kali ya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual biar tambah klop

____
Follow my twitter @elloaris

kalo aku si bodoh dan g cerdas. hahahahahahaha
anyway, tetralogi laskar pelangi ini tulisannya bener2 menyihir, tp apa cuma di situ aja yah, kok kayaknya om Andrea g keliatan nulis lagi? ato aku yg g ngerti tulisannya yg lain?

Orang sangat cerdas...ketemu dengan orang yang sangat bodoh, pasti gak nyambung

@kira: Wah, jangan merendah gitu dong. Ada kok buku Andrea yg laen selain Tetralogi Laskar Pelangi


@Bali Tourism: Gak nyambung? Gak juga kok! Malah seimbang dan bisa salÍng mengisi

@kira: Wah, jangan merendah gitu dong. Ada kok buku Andrea yg laen selain Tetralogi Laskar Pelangi


@Bali Tourism: Gak nyambung? Gak juga kok! Malah seimbang dan bisa salÍng mengisi

Kalau saya hmh, bodoh dan terlihat bodoh -,-
Hueee...

@untje: jangan merendah begitu akh!

Cerdas secara sosial jelas berbeda kalau mau dibandingkan dengan cerdas secara intelek, jadi tergantung dari kita sebenarnya, memandang cerdas itu dari sisi yang mana

Entahlah aku tipe yg mana.. mungkin aku tipe apa adanya..
:D

sob, ada award spesial utkmu mohon diambil ya

hahahaha....bagus pembagian orangnya :)

ternyata ada 3 jenis ke cerdasan.... :D

salam kenal....

saya malah kagum sama Andrea Hirata yang bisa merangkai kata (paragraf) sedemikian rupa dan bermakna! Sepertinya dia termasuk orang yang pintar dan cerdas.. Kalo Saya? rata-rata air.. :D

Bener banget tuh, 3 jenis kecerdasan itu tlah tersebar .. hehehhe :)
Good Post gan .. ^^

Kunjungan baliknya ditunggu ya .. :)

keren gan ..
saya baru tau ternyata ada 3 jenis ke cerdasan.... :D
info baru tuhh ..:)

Harus ditiru kecerdasan ini....

Post a Comment

Orang Keren Pasti Komentar...