Available on bookstore

Available on bookstore

08 August 2017

#Travelling Gunung Tinggi (SBB): Surga Yang dititipkan Tuhan

Buat kamu yang suka gunung sekaligus laut, kamu harus mengunjungi tempat ini, Gunung Tinggi Seram Bagian Barat (SBB). Soalnya pemandangannya keren. Dan akses ke sini dari Ambon lumayan mulus. Jujur dari sebulan lalu pengin aku kunjungi, tapi kebentur waktu siaran, makanya ketunda.


Sebenarnya pas kemarin ke Gunung Tinggi itu, kebetulan. Soalnya memang rencananya aku mau ke Kailolo (di Pulau Haruku). Tapi kemudian batal soalnya teman di sana gak ada waktu menemani. Trus sekitar jam sembilan sepupu rekomendasi ke Gunung Tinggi. Dipikir-pikir daripada gak ke mana-mana ya kan? Aku langsung setuju aja.
Kita ke sana pake tiga motor. Barengan. Lintas Seram.

Akses
Untuk mengunjungi Gunung Tinggi dari Ambon kamu bisa ke Pelabuhan Feri Hunimua di Liang. Setelah sampai di pelabuhan berikutnya Waipirit Kairatu, kamu tinggal ngambil jalur kiri, menyusuri desa-desa. Nanti kamu akan tiba di ibukota de facto Seram Bagian Barat, Piru. Nah dari Piru kamu akan terus melewati daerah pegunungan, berupa tanjakan, turunan dan belokan. Sebab memang jalur ke sana, aspalnya membelah gunung. Aspalnya tergolong mulus, hanya saja ketika sampai di desa terakhir, Talaga Piru jalan agak rusak dikit. Eh ke sini juga kamu akan melewati gedung anggota dewan yang baru dibangun di puncak gunung. Spot foto di sini juga bagus, kamu bisa melihat laut lepas di bawah sana.
Nah setelah dari Talaga Piru, kamu akan melewati satu desa kecil sebelum jalur menanjak ke Gunung Tinggi. Sayangnya jalur aspalnya tidak begitu mulus (tapi tidak rusak), makanya buat yang pake motor bagusnya gunakan moge.

Waktu tempuh
Karena kemarin aku bareng teman-teman menggunakan motor, waktu tempuhnya kurang lebih 3 jam setengah. Rinciannya dari Ambon – Liang, 30 Menit. Liang (Pelabuhan Hunimua) – Kairatu (Pelabuhan Waipirit), ± 1 Jam 15 Menit. Kairatu – Gunung Tinggi, ± 1 Jam 15 Menit. Rata-rata kemarin kecepatan motor 70-80 Km/Jam.
Sebagai saran, untuk ke sini bagusnya kamu pake mobil. Biar lebih enjoy dan bisa menikmati pemandangan.

Biaya
Tidak mahal untuk ke sini, aku yang pakai motor uang yang keluar tidak sampai 100 ribu. Cuman isi bensin pas di Ambon fulltank 25 ribu. Bayar harga feri 38 ribu. Kebetulan kita bawa makanan, makanya gak jajan di jalan.
Untuk biaya feri penumpang, 18 ribu. Motor berisi penumpang di boncengan, 55ribu. Untuk mobil aku tidak tahu harganya.

View
Setelah sampai di Waipirit Kairatu, sebenarnya kamu sudah disuguhkan pemandangan indah, mulai dari desa-desa, dan pantai-pantai yang berada di pesisir. Apalagi ketika sudah sampai di pegunungan dekat kota piru, gilaaak, pemandangannya keren. Gunung di sini masih alami, belum ada penebangan. Ada salah satu tempat yang tidak jauh dari gerbang kota piru—dimana kita bisa melihat pegunungan dengan hutan homogen, sekilas mirip pohon pinus tapi gak tahu jenis pohonnya apa. Elok banget. Mirip pegunungan-pegunungan di Swiss.
Sebelum menemukan Gunung Tinggi, kamu juga akan melewati Kantor Dewan yang letaknya di puncak . Di sini ada spot foto bagus, berupa satu bukit yang dipenuhi rumput tanpa pohon.Ig-able tempatnya. Sayang kalau dilewatkan.
Nah untuk view Gunung Tinggi, jangan ditanya lagi. Dari bawah saja kita sudah disuguhkan pemandangan indah, apalagi di puncaknya? Kamu bisa melihat luasnya pulau Seram, laut, dan gunung. Uniknya Gunung Tinggi ini didominasi ilalang. Seolah-olah yang kamu lihat adalah hamparan karpet hijau yang luas. Subhanallah surga banget. Mungkin kamu bisa lihat lengkapnya di video.
video




Tempait ini cocok buat camping, foto prewed, dan menikmati kesunyian. Recommended! Tak berlebihan kalau aku menyebut tempat ini sebagai surga yang dititipkan Tuhan untuk Maluku.

Note: selama perjalanan
-Yang menggunakan motor hati-hati, banyak tikungan, tanjakan, turunan.
-Trus cek kendaraan kamu, apakah siap jalan? Soalnya kemaren rante motor aku lepas. Ngeriii!
-Trus tolong jangan buang sampah apa pun di sekitar Gunung Tinggi. Kemarin aku menemukan sampah plastik, dan botol air mineral di sini. Sayang tempat sesurga ini dikotori. Soalnya aku yakin 2 atau 3 tahun lagi tempat ini akan ramai.
-Bawa bekal yang cukup selama perjalanan, kalau bisa pergi bareng teman-temanmu yang lain.

1 komentar:

KABAR BAIK

Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk memulai?
Saya adalah direktur Nadira Muhammad Loans Limited,
Layanan pinjaman Nadira Muhammad adalah lisensi kredit investasi legal yang kami tawarkan
Pinjaman kepada Individu dan bisnis dan menyediakan
Layanan dan investasi yang dapat diandalkan untuk berbagai tingkat pelanggan / kandidat
Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
(3000 $ / € / Rp) untuk jumlah pinjaman maksimum ($ 700 miliar $ / € / Rp) dengan
Jangka waktu 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
E-mail di: Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

Misi perusahaan ini adalah untuk menyediakan perorangan dan perusahaan
Organisasi swadaya
Memenuhi kebutuhan, harapan dan membantu meningkatkan jiwa kita
Dan komunitas mereka. Butuh pinjaman prom ?? Sekitar
48 jam layanan penuh bagi pelanggan kami.

Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk memulai
Segera, kami siap melayani anda
Temukan pinjaman yang berminat untuk mengisi formulir aplikasi dibawah gaji

Post a Comment

Orang Keren Pasti Komentar...